PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Eva Luvitasari, NIM. 14600025 (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA)
14600025_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN METODE THINK-PAIRSQUARE (TPSq) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA)
14600025_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan metode Think-Pair- Square (TPSq) yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Komunikasi merupakan salah satu dari lima standar proses yang dikemukakan oleh National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian penelitian ini yaitu siswa kelas VII-G MTsN Yogyakarta 1 semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan metode Think-Pair-Square (TPSq) untuk meningkatkan motivasi belajar dan komunikasi matematis siswa. penelitian ini dilakukan dua siklus dengan siklus I sebanyak satu pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik skala, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), kemudian conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran matematika melalui pendekatan open-ended dengan metode Think-Pair-Square (TPSq) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tahapan pembelajaran tersebut yaitu kegiatan awal: mengingatkan siswa tentang materi; kegiatan inti: diskusi klasikal, think, pair , square, presentasi kelas; kegiatan penutup: menyimpulkan materi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase rata-rata kelas dalam motivasi belajar siswa siklus I yaitu 73,15% menjadi 76,98% di siklus II dan persentase ratarata nilai kelas pada tes kemampuan komunikasi matematis siswa siklus I yaitu 53,81% menjadi 58,83% di siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mulin Nu‟man, S. Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan open-ended, metode think-pair-square, motivasi belajar siswa, komunikasi matematis siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:31
Last Modified: 07 Feb 2019 07:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32979

Actions (login required)

View Item View Item