PENGARUH PERFORMA INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN PERTUMBUHAN ASET SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2017)

ASNAWATI NING SURONO, NIM. 14830033 (2018) PENGARUH PERFORMA INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN PERTUMBUHAN ASET SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERFORMA INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN PERTUMBUHAN ASET SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2017))
14830033 - BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA , LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERFORMA INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN PERTUMBUHAN ASET SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2012-2017))
14830033 - BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Fokus kajian dalam penelitian ini adalah performa intellectual capital. Intellectual capital merupakan sumber daya berupa pengetahuan yang tersedia pada perusahaan yang menghasilkan aset bernilai tinggi dan manfaat ekonomi di masa mendatang bagi perusahaan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis performa intellectual capital berupa capital employed (IB- VACA), human capital (IB-VAHU) serta struktural capital (IB-STVA) terhadap kinerja keuangan dengan menggunakan interaksi moderasi pertumbuhan aset bank umum syariah pada periode 2012-2017. Intellectual capital diukur dengan menggunakan Islamic Banking Value Added Intellectual Coefficient (IB-VAICTM) dan kinerja keuangan perusahaan yaitu Return On Assets (ROA) dengan moderasi pertumbuhan aset perusahaan. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis Moderated Regression Analysis (MRA) dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan dari 11 bank umum syariah yang diobservasi, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial indikator IB-VACA dan IB-VAHU yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan ROA. Sedangkan IB-STVA tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan ROA. Kemudian, pertumbuhan aset sebagai variabel moderasi tidak mampu mempengaruhi hubungan antara IB-VACA, IB-VAHU dan IB-STVA terhadap kinerja keuangan ROA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUNARSIH, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Intellectual capital, IB-VAICTM, Kinerja Keuangan, Pertumbuhan Aset, Bank Umum Syariah.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:46
Last Modified: 07 Feb 2019 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32982

Actions (login required)

View Item View Item