EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Ayu Nur Fitriyana, NIM. 14600026 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
14600026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
14600026_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card serta variabel terikat yaitu motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 5 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitiannya adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4. Instrumen dalam penelitian ini adalah prescale-postscale, pretest-posttest, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Withney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dengan pemanfaatan media problem card lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TGT, problem card, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:10
Last Modified: 07 Feb 2019 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32984

Actions (login required)

View Item View Item