EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN

Khugnia Azizah, NIM. 14600034 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN)
14600034_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH BERBASIS PESANTREN)
14600034_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual di kelas putra dibandingkan pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual di kelas putri terhadap minat belajar dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual serta variabel terikat yaitu minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP D-Baito Sunan Plumbon tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII B, VII C, VII D dan VII E. Kelas VII C dan VII D dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual. Kelas VII B dan VII E dijadikan kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah prescale-postscale minat belajar, pretest-posttest pemahaman konsep matematika siswa, lembar observasi minat belajar, lembar keterlaksanaan pembelajaran, RPP dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika inferensial yaitu uji t atau uji Mann Withney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Model pembelajaran team quiz dengan pendekatan kontekstual sama-sama efektif baik di kelas putra maupun kelas putri terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Team Quiz, Kontekstual, Minat Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:26
Last Modified: 07 Feb 2019 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32985

Actions (login required)

View Item View Item