PENERAPAN EDUPRENEURSHIP MELALUI PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “RAJA BIMA (RAJIN BELAJAR BILANGAN PRIMA)”

Amnia Salma, NIM. 14600039 (2018) PENERAPAN EDUPRENEURSHIP MELALUI PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “RAJA BIMA (RAJIN BELAJAR BILANGAN PRIMA)”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN EDUPRENEURSHIP MELALUI PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “RAJA BIMA (RAJIN BELAJAR BILANGAN PRIMA)”)
14600039_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN EDUPRENEURSHIP MELALUI PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MATEMATIKA “RAJA BIMA (RAJIN BELAJAR BILANGAN PRIMA)”)
14600039_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR .pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi game edukasi RAJA BIMA (Rajin Belajar Bilangan Prima) sebagai hasil dari penerapan edupreneurship. Aplikasi game edukasi yang dihasilkan memuat konten materi dan game tentang bilangan prima yang ditujukan untuk peserta didik Sekolah Dasar kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi tahapan define (penetapan produk), tahap design (perancangan produk), tahap development (pengembangan produk) dan tahap dissemination penyebarluasan). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi RAJA BIMA dilakukan dengan pengujian ehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi RAJA BIMA (Rajin Belajar Bilangan Prima) yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, aplikasi ini mendapat persentase 91 % (Sangat Baik), oleh ahli media dan ahli edupreneurship aplikasi ini mendapat persentase 94% (Sangat Baik) sehingga dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi berdasarkan respon dari 10 peserta didik mendapat persentase 85% (sangat Setuju) sehingga aplikasi ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi RAJA BIMA layak disebut sebagai aplikasi edukasi sebagai penerapan dari edupreneurship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nurul Arfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: game edukasi, edupreneurship, bilangan prima
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Feb 2019 08:33
Last Modified: 07 Feb 2019 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32987

Actions (login required)

View Item View Item