EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Umi Nur Khanifah, NIM. 3600041 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA)
13600041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA)
13600041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektivan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) keefektivan model pembelajaran Double Loop Problem Solving dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Double Loop Problem Solving serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self awareness siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII E dan VIII F. Kelas VIII F dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan spasial, pretest-posttest self awareness, dan RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajectory (HLT). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. (2) model pembelajaran Double Loop Problem Solving lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Double Loop Problem Solving, Kemampuan Spasial, Self Awareness
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Feb 2019 08:44
Last Modified: 08 Feb 2019 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum