Al taqlid wa al tajdid fi buhur wa qawafiy ash'ar Hisham al haj (dirasah fi diwan huways al shi'r al 'arabiy)

Tita Niswatun Khasanah, NIM. 14110019 (2018) Al taqlid wa al tajdid fi buhur wa qawafiy ash'ar Hisham al haj (dirasah fi diwan huways al shi'r al 'arabiy). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al taqlid wa al tajdid fi buhur wa qawafiy ash'ar Hisham al haj (dirasah fi diwan huways al shi'r al 'arabiy))
14110019_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (Al taqlid wa al tajdid fi buhur wa qawafiy ash'ar Hisham al haj (dirasah fi diwan huways al shi'r al 'arabiy))
14110019_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Geliat puisi Arab mulai terlihat berkat inovasi dan hasil proses panjang asimilasi dari berbagai budaya Barat. Puisi-puisi Arab modern sudah tidak terikat lagi dengan ilmu Arud dan Qawafi. Namun salah satu diwan yang muncul pada masa modern, Diwan Huwais Syi’ri al ‘Araby yang mempunyai karakteristik berbeda layaknya puisi modern. Diwan Huwais Syi’ri al ‘Araby adalah diwan yang disusun oleh Hisyam al Jakh. Dia adalah seorang penyair Mesir. Dia juga dianggap sebagai pelopor di bidang penyelenggara konser puisi dengan cara penyajian yang berbeda dan menarik, memperkenalkan musik dan puisi dengan irama ritmik yang indah. Kehadirannya inilah yang meningkatkan popularitas di kalangan Arab. Penelitian ini mengkaji puisi-puisi dalam diwan Hisyam al Jakh dengan tujuan untuk mengetahui bahr-bahr serta perubahan-perubahan apa saja yang terjadi pada wazan baik berupa zihaf maupun ‘illat, dan pembaharuan-pembaharuan pada bahr dan qofiyah dalam puisi-puisi Hisyam al-Jakh. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan pendekata ‘Ilmu al ‘Arudh al Qafiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa puisi-puisi dalam diwan Huwais Syi’ri al ‘Araby karya Hisyam al Jakh sebanyak 4201 bait dan 14 qasidah. Bahr yang digunakan dalam diwannya, yaitu bahr kamil, wafir, roml, mutaqarib, dan mutadarak. Adapun zihafnya adalah Idhmar, Wqash, ‘asb, ‘aql, khabn, ‘atslam dan tsaram. Sedangkan ‘illatnya, tarfil, hadzf, butr, qath’ dan tasy’its. Terdapat qafiyah muthlaqah dalam qasidah daliyah dan qafiyah muqayyadah dalam qasidah lamiyah. Pembaharuan yang terjadi terletak pada arud dan qafiyah. Yaitu terdapat pada bahr wafir mujadid dan beberapa puisi hur dari segi ‘arud, dan muzdawij dan murabba’ah dari segi qafiyah. Kata kunci : peniruan dan pembaharuan, puisi, Hisyam al Jakh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Akhmad Patah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: peniruan dan pembaharuan, puisi, Hisyam al Jakh
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 May 2019 09:02
Last Modified: 17 May 2019 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum