PERAN ORGANISASI FORUM SILATURRAHMI NIAGAWAN KELUARGA MADURA YOGYAKARTA (FSN-KMY) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PERANTAU MADURA DI KOTA YOGYAKARTA

SYAMSUDDIN EFENDI, NIM. 11230026 (2018) PERAN ORGANISASI FORUM SILATURRAHMI NIAGAWAN KELUARGA MADURA YOGYAKARTA (FSN-KMY) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PERANTAU MADURA DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI FORUM SILATURRAHMI NIAGAWAN KELUARGA MADURA YOGYAKARTA (FSN-KMY) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PERANTAU MADURA DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI FORUM SILATURRAHMI NIAGAWAN KELUARGA MADURA YOGYAKARTA (FSN-KMY) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PERANTAU MADURA DI KOTA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Peran yang dapat dilakukan oleh pengurus organisasi ini untuk pembangunan karakter, pengembangan skill dan peningkatan pendapatan yang bermuara kepada kesejahteraan perantau Madura adalah dengan cara pengurus organisasi ini berperan sebagai fasilitator, broker, mediator, motivator dan pembela terhadap para perantau Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, obeservasi, dokumentasi dan analisis data. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran serta dampak terhadap masyarakat dari peran yang dilakukan oleh pengurus organisasi Forum Silaturrahmi Niagawan Keluarga Madura Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran organisasi FSM-KMY dalam meningkatkan kesejahteraan perantau Madura terdapat beberapa aspek, yaitu: Pertama, adalah fasilitator, perannya berupa membangun norma dan jaringan kelompok di komunitas, melalui penguatan ikatan di dalam kelompok, menjembatani pertemuan serta menghubungkan dengan stake holder. Kedua, perannya sebagai broker atau penghubung bagi anggota yang belum atau merintis usaha dengan keterbatasan modal, FSN-KMY untuk menghubungkan dengan sesama perantau Madura yang lebih sukses dahulu. Ketiga, perannya sebagai mediator, atau yang membantu anggota yang mempunyai permasalahan dengan sesama perantau Madura yang mempunyai jenis usaha yang sama, dikarenakan jarak, ataupun permasalahan yang ditimbulkan oleh pinjaman. Keempat, perannya sebagai motivator atau pemberi dorongan kepada perantau Madura untuk menjalankan usahanya dengan mengedepankan sisi religiusitas bukan ego dan nafsu belaka. Kelima, perannya sebagai pembela berupa turunnya pengurus organisasi ke anggota akar rumput untuk menyelesaikan persoalan yang berdampak kepada mandeknya atau hilangnya pekerjaan mereka. Dampak terhadap perantau Madura adalah perantau Madura semakin yakin untuk menjaga melestarikan kebudayaan daerah asalnya, menumbuh-kembangkan solidaritas sosial antar sesama perantau Madura, meningkatnya perekonomian perantau Madura di sektor niagawan ini dengan indikator menurut kepantasan umum seperti, pendidikan untuk anak-cucunya, fasilitas kerja sendiri, kendaraan pribadi, dan hunian layak selama berada di perantauan. dan, terciptanya efektifitas dalam mengelola usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Peran Organisasi, Dampak, Kesejahteraan Perantau.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:25
Last Modified: 08 Feb 2019 02:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32993

Actions (login required)

View Item View Item