Shakhsiyyah manal fi al riwayah al rabi' al 'asif li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah nafsiyyah li Carl Ransom Rogers)

Maria Ulfa, NIM. 14110031 (2018) Shakhsiyyah manal fi al riwayah al rabi' al 'asif li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah nafsiyyah li Carl Ransom Rogers). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Shakhsiyyah manal fi al riwayah al rabi' al 'asif li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah nafsiyyah li Carl Ransom Rogers))
14110031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Shakhsiyyah manal fi al riwayah al rabi' al 'asif li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah nafsiyyah li Carl Ransom Rogers))
14110031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Syakhshiyyatu Manal fi al-Riwayah “al-Rabi‟ al- „Ashif” li Najib al-Kailani (Dirasah Tahliliyah Nafsiyah li Carl Ransom Rogers). Karya sastra dipandang sebagai fenomena psikologis yang menampilkan aspek-aspek kejiwaan melalui tokoh-tokohnya. Novel karya Najib al-Kailani ini menceritakan tentang prahara romantisme Manal dan kerasnya hidup sebagai seorang suster di klinik al-Wihdah al-Mujma’ah desa Syarsyabah. Tujuan penelitian adalah menganalisis karakteristik kepribadian tokoh Manal dengan melihat kerasnya pengalaman hidup yang dialaminya dilihat dari struktur kepribadian, dinamika kepribadian, dan perkembangan kepribadian. Persoalan skripsi ini adalah bagaimana kepribadian tokoh Manal dalam novel tersebut? Kecenderungan apa yang mendominasi tokoh Manal? Penulis menggunakan teori psikoanalisa Carl Ransom Rogers sebagai pisau analisis dalam penelitian ini. Teori ini menempatkan pengalaman sebagai tolak ukur dalam perkembangan kepribadian seseorang. Penggunaan teori Rogers dalam penelitian ini bertujuan mengungkap kepribadian tokoh Manal yang diwarnai pengalaman dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu metode dengan menganalisis realitas sebagaimana adanya terhadap suatu permasalahan dalam novel yang berkaitan dengan tokoh Manal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama -Manal- terbuka terhadap pengalaman buruk dan menyedihkan yang terjadi sejak ia ditugaskan sebagai suster di klinik al-Wihdah al-Mujma’ah desa Syarsyabah. Berdasarkan teori Rogers tokoh Manal memiliki karakteristik pribadi yang berfungsi sepenuhnya yang terlihat dari keterbukaannya terhadap pengalaman hidup menyedihkan dan keberadaannya dalam kehidupan eksistensial/pengalaman barunya. Tokoh Manal mengalami perkembangan melalui konsep diri tokoh Manal dan penghargaan positif kebutuhan dasar yang diterimanya. Kata kunci: novel “Badai Musim Semi”, Teori Psikoanalisa, Carl Ransom Rogers

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: novel “Badai Musim Semi”, Teori Psikoanalisa, Carl Ransom Rogers
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 May 2019 09:02
Last Modified: 17 May 2019 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum