AKSESIBILITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Muh. Husain Kamaruddin, S.Th.I, NIM : 1420410112 (2018) AKSESIBILITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KAILIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKSESIBILITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA)
1420410112_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (AKSESIBILITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SISWA PENYANDANG DISABILITAS DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA)
1420410112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan siswa lainnya dalam mendapatkan pendidikan agama Islam. Berdasarkan realita di sekolah, mengajar kelas inklusi memerlukan keterampilan khusus. Idealnya, prisnsip pendidikan yang disesuaikan dalam sekolah inklusi menyebabkan adanya tuntutan yang besar terhadap guru reguler maupun pendidik khusus. Guru harus mengajar setiap anak sesuai kebutuhan individunya tetapi dalam pengelolaan kelas yang sama, dari berpusat pada kurikulum menjadi berpusat pada anak-anak dan perubahan-perubahan lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aksesibilitas pendidikan agama Islam bagi penyandang disabilitas di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, bagaimana strategi yang dilakukan serta apa kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran PAI bagi siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisa data secara kritis tentang pelaksanaan pendidikan agama islam berbasi inklusi bagi siswa penyandang disabilitas di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta, apakah pembelajaran agama Islam mudah dan dapat untuk diakses atau tidak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai acuan guru PAI dalam menerapkan pendidikan agama Islam berbasis inklusi, khususnya bagi siswa penyandang disabilitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil kasus di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1). Pembelajaran PAI berbasis inklusif tidak dapat lepas dari komponen-komponen pembelajaran, yaitu kurikulum, pendidik, peserta didik, materi, metode, media dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang disusun oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP. Muhammadiyah yang mengacu pada kurikulum Nasional 2006 untuk kelas 8 dan 9, serta kurikulum 2013 untuk kelas 7. Metode dan media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan siswa penyandang disablitas dengan adanya duplikasi, dan modifikasi (model kurikulum akomodatif). Materi Pendidikan Agama Islam sudah dapat diakses oleh siswa disabilitas walupun belum maksimal. 2). Kendala guru PAI dalam pembelajaran agama Islam terhadap penyandang disabilitas adalah kurangnya pemahaman serta keterampilan guru dalam mengajar, guru PAI baru sekali mengikuti pelatihan sekolah inklusi, belum ada koordinasi yang intensif antara guru PAI dan guru pendamping khusus, guru PAI belum menguasai penggunaan bahasa isyarat serta pemanfaatn media pembelajaran yang belum maksimal terhadap siswa disabilitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, B.S.W., M.A., Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas pembelajaran PAI, PAI berbasis Inklusi, Agama dan Inklusi, Penyandang Disabilitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Feb 2019 12:04
Last Modified: 09 Feb 2019 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum