EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MTs N 7 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Rustamaji, S.Pd., NIM. 1420410113 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MTs N 7 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MTs N 7 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018)
1420410113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MTs N 7 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018)
1420410113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Rendahnya kecerdasan spiritual berdampak pada pelanggaran terhadap tatatertib sekolah belakangan ini semakin mengkhawatirkan. Mulai dari siswa terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan PR, berpakaian tidak sepantasnya, sampai pelanggaran yang serius misalnya, membuat keonaran di lingkungan sekolah, meninggalkan sekolah pada jam efektif tanpa seijin sekolah, merokok di lingkungan sekolah, tawuran antar sekolah, bahkan sampai pada perbuatan asusila. Untuk megatasi hal tersebut perlu diterapkan konseling kelompok dengan teknik client centered therapy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan konseling kelompok dengan teknik client centered therapy.Penelitian quasi eksperimental one sample pretest and posttest ini mengambil sampel sebanyak 20 subjek dari siwa kelas VIII MTs Negeri 7 Sleman. Intrumen penelitian berupa seperangkat angket skala likert mengenahi sikap terhadap kecerdasan spiritual. Setelah melalui uji persyaratan analisis, data dianalisis dengan uji-t dengan bantuan SPSS.10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan layanan konseling kelompok dengan teknik client centered therapy. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t yang menunjukkan taraf signifikansi yang tinggi yaitu 14,09. Sementara itu untuk nilai t tabel untuk N = 20 dengan taraf signifikansi 95% hanya sebesar 2,845. Dengan demikian layanan konseling kelompok dengan teknik client centered therapy mampu meningkatkan kecerdasan spiritual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H.Muh. Anis, M.A.
Uncontrolled Keywords: Clien Centered Therapy, MTSn 7 Sleman
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Feb 2019 13:04
Last Modified: 09 Feb 2019 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum