Al shakhsiyyah al raisiyyah 'Inayat Hanum fi al riwayah layl wa qudban li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah psikologiyyah insaniyyah li Abraham Maslow)

Muhammad Ulinnuha Faishol Ghoni, NIM. 14110108 (2018) Al shakhsiyyah al raisiyyah 'Inayat Hanum fi al riwayah layl wa qudban li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah psikologiyyah insaniyyah li Abraham Maslow). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al shakhsiyyah al raisiyyah 'Inayat Hanum fi al riwayah layl wa qudban li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah psikologiyyah insaniyyah li Abraham Maslow))
14110108_BAB I_ IV_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al shakhsiyyah al raisiyyah 'Inayat Hanum fi al riwayah layl wa qudban li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah psikologiyyah insaniyyah li Abraham Maslow))
14110108_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi As-Syakhsiyyah Ar-Raisiyyah Inayah Hanim Fi Ar- Riwayah lail wa qudhban Li Najib Kaelani (Dirasah Tahliliyah Psikolojiyyah Insaniyyah li Abraham Maslow) meneliti novel yang berjudul Lail wa qudhban karya Najib Kaelani dengan menggunakan psikologi Humanistik Abraham Maslow. Cerpen ini menarik untuk dikaji, karena kompleksitas yang dihadapi oleh tokoh utama Inayah Hanim, mampu menjadi sebuah karakter yang tegar dan tidak pernah mengeluh atas permasalahan yang menimpanya. Namun seiring berjalannya waktu semua berubah disebabkan hawa nafsunya sendiri. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang dikaji adalah apa saja peristiwa yang mempengaruhi perkembangan psikologi Inayah Hanim, bagaimana sikap Inayah dalam menghadapi peristiwa-peristiwa tersebut, dan pencapaian kebutuhan bertingkat Inayah sesuai dengan teori psikologi humanistik Abraham Maslow. Psikologi humanistik Abraham Maslow memiliki asumsi dasar bahwa dengan melihat pemenuhan dasar kebutuhan manusia, bisa disimpulkan sejauh mana kualitas kepribadian seseorang. Maslow membagi kebutuhan dasar secara Heirarki dalam lima strata : kebutuhan Fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa cinta, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada beberapa kejadian yang mempengaruhi perkembangan kepribadian Inayah Hanim ,yaitu : Pernikahan yang tidak berdasar cinta karena paksaan orang tuanya, Inayah meminta pada suaminya tinggal di Kairo untuk menenangkan diri, kebohongan yang ia lakukan pada suaminya, Inayah Frustasi karena suaminya tidak memberikannya keturunan, perjanjian rahasia dan perselingkuhannya dengan Faris. Inayah mampu menyikapi semua kejadian tersebut dengan baik, namun semuanya berubah ketika hilang hawa nafsunya. Dari sikap-sikap yang ia tunjukkan, peneliti menarik kesimpulan bahwa Inayah memiliki kepribadian yang berubah-ubah. Adapun hal yang membuat Inayah memiliki kesehatan mental dan kepribadian yang kurang baik menurut teori psikologi humanistik Abraham Maslow, adalah kurang terpenuhinya lima heirarki kebutuhan Inayah dengan baik. Kata Kunci : Kepribadian, psikologi sastra, aktualisasi diri, tokoh utama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, psikologi sastra, aktualisasi diri, tokoh utama
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2019 08:43
Last Modified: 07 May 2019 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum