ANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN

KHOERUNNIDA, SPDI, NIM. 1420410225 (2018) ANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN)
1420410225_BAB -I SAMPAI BAB - IV.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN)
1420410225_BAB_I - BAB_ V_ DAFTAR -PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ANALISIS CONTENT KITAB AL-NAḤWU AL-WĀDIH LIL MADARIS AL- IBTIDAIYYAH JILID I DAN II KARYA ALI AL-JARIM DAN MUSTAFA AMIN Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi negara-negara non-Arab dalam pembelajaran bahasa Arab, salah satunya adalah kurang tersedianya bahan ajar yang baik. Bahan ajar yang baik dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena menentukan berhasil atau tidak seorang pembelajar dalam mencapai kompetensi kebahasaan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis content kitab Al- Naḥwu Al-Wādih karya Ali Al-Jarim dan Musthafa Amin menurut perspektif Abdullah Al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah. Penelitian ini menggunakan metode deduktif analisis. Data diperoleh melalui mempelajari dokumen- dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Abdullah Al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah yaitu menyusun buku ajar bahasa Arab berdasar tiga asas, asas budaya, asas bahasa, dan asas psikologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al-Naḥwu Al-Wādih dalam asas budaya, asas bahasa dan pendidikan, dan asas psikologi sudah bisa dikatakan memenuhi dan baik untuk dijadikan referensi pembelajaran bahasa Arab terutama pembelajaran nahwu bagi pembelajar non-Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Fattah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis Content, Al-Naḥwu Al-Wā dih
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Feb 2019 11:03
Last Modified: 11 Feb 2019 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum