FUNGSI MASJID AT-TIIN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERAGAMA PADA MASYARAKAT JAGALAN LEDOKSARI PAKUALAMAN YOGYAKARTA

HIDAYAT HAFID, NIM. 11230071 (2018) FUNGSI MASJID AT-TIIN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERAGAMA PADA MASYARAKAT JAGALAN LEDOKSARI PAKUALAMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI MASJID AT-TIIN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERAGAMA PADA MASYARAKAT JAGALAN LEDOKSARI PAKUALAMAN YOGYAKARTA)
11230071 BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI MASJID AT-TIIN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERAGAMA PADA MASYARAKAT JAGALAN LEDOKSARI PAKUALAMAN YOGYAKARTA)
11230071 BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kampung Jagalan merupakan salah satu kampung yang termasuk kategori preman dengan mayoritas penduduk berkarakter keras (80 % ). Faktor ini telah menyebabkan mayoritas penduduk kota Yogyakarta mengenalnya dengan identitas yang kurang baik (preman). Berangkat dari keadaan yang memprihatinkan bagi masyarakat Islam, khususnya masyarakat Islam di Kampung Jagalan yang masih dibelenggu oleh latar belakang keras / preman. Hal ini membuat para pengurus masjid masjid AT-TIIN untuk mencari solusi dan jalan keluar untuk menumbuhkan kesadaran beragama pada masyarakat Jagalan. Yang menjadi inti atau pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi Masjid AT-TIIN dalam menumbuhkan kesadaran beragama pada masyarakat kampung Jagalan dan sejauhmana hasil perkembangan tumbuhnya kesadaran beragama masyarakat kampung Jagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masyarakat kampung Jagalan sudah hijrah dengan adanya masjid AT-TIIN, serta sejauhmana perkembangan kesadaran beragama masyarakat kampong Jagalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif – partisipatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan persuasive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah data, serta meng-urutkan untuk mengorganisasikan. Hasil penelitian : Masjid AT-TIIN dapat menumbuhkan kesadaran beragama masyarakat Kampung Jagalan untuk lebih dekat dengan Agama dengan program-programnya. Metode yang dilakukan dengan metode persuasive, terutama melalui program-program yang diterapkan oleh masjid AT-TIIN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto,S.Sos. MS.i
Uncontrolled Keywords: Menumbuhkan Dan Menyadarkan Masyarakat Kampung Jagalan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Feb 2019 04:43
Last Modified: 11 Feb 2019 04:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33057

Actions (login required)

View Item View Item