IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NO 30 TAHUN 2015 OLEH BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) YOGYAKARTA (Studi terhadap Pelestarian Cagar Budaya Tamansari)

JOKO NOVIYANTO, NIM. 13370074 (2018) IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NO 30 TAHUN 2015 OLEH BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) YOGYAKARTA (Studi terhadap Pelestarian Cagar Budaya Tamansari). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NO 30 TAHUN 2015 OLEH BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) YOGYAKARTA (Studi terhadap Pelestarian Cagar Budaya Tamansari))
13370074 - BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERMENDIKBUD NO 30 TAHUN 2015 OLEH BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) YOGYAKARTA (Studi terhadap Pelestarian Cagar Budaya Tamansari))
13370074 - BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pelestarian dan perlindungan hukum cagar budaya merupakan sebuah langkah nyata pemerintah dalam upaya melestarikan dan menjaga nilai-nilai sejarah dari kerusakan apapun, termasuk ancaman pemukiman penduduk. Salah satu bangunan cagar budaya di Yogyakarta yang terancam keberadaannya adalah Taman Sari. Dalam Permendikbud No 30 Tahun 2015, telah disebutkan secara eksplisit bahwa yang memiliki kewenangan adalah BPCB. Namun, acap kali dalam proses pelaksanaan diiringi sebuah kekhawatiran. Apakah peran yang dilaksanakan BPCB telah sesuai dengan Permendikbud No 30 Tahun 2015? Bagaimana langkah BPCB dalam upaya melestarikan cagar budaya Taman Sari merupakan pertanyaan penting, dan sekaligus menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini. Pertanyaan diatas akan dijawab melalui pendekatan penelitian Yuridisempiris yaitu menganalisa konsep normatif perundang-undangan yakni Permendikbud Nomor 30 Tahun 2015 dan mengkaji kondisi faktual yang ada di Taman Sari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa studi lapangan dengan cara melakukan wawancara secara langsung di kantor BPCB Yogyakarta dan juga studi kepustakaan dengan cara merujuk buku-buku yang berkaitan dengan materi penelitian. Selanjutnya, untuk melihat peran BPCB Yogyakarta dalam Permendikbud No 30 Tahun 2015, penelitian ini akan menggunakan teori nomokrasi Islam dan sistem hukum. Setelah dilakukan penelitian, bahwa dalam upaya pelestarian cagar budaya Taman Sari masih belum sesuai dengan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2015. Misalnya, dari struktur hukum belum ada keseriusan pihak BPCB Yogyakarta dalam upaya pelestarian. Ditambah lagi, dengan budaya hukum masyarakat sekitar bangunan Taman Sari yang belum memiliki kesadaran untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian semakin memperparah kondisi bangunan yang ada. Serta, nomokrasi Islam juga belum melihat adanya pola koordinasi yang baik antar institusi pengelola cagar budaya terkait

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. AHMAD PATIROY, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pelestarian cagar budaya, Balai Pelestarian Cagar Budaya, sistem hukum, Nomokrasi Islam.
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Feb 2019 11:49
Last Modified: 11 Feb 2019 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum