PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN KERAMBA BUDIDAYA IKAN DI DESA NGARGOSARI SUMBERLAWANG SRAGEN

AMALIA PROBOWARI, NIM. 13230027 (2018) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN KERAMBA BUDIDAYA IKAN DI DESA NGARGOSARI SUMBERLAWANG SRAGEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN KERAMBA BUDIDAYA IKAN DI DESA NGARGOSARI SUMBERLAWANG SRAGEN)
13230027-BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN KERAMBA BUDIDAYA IKAN DI DESA NGARGOSARI SUMBERLAWANG SRAGEN)
13230027_BAB II_Sampai_ SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses dan strategi pemberdayaan ekonomi warga desa Ngargosari melalui pemanfaatan keramba budidaya ikan? 2) Bagaimana Dampak pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan keramba di Desa Ngargosari? Metode penelitian ini yang digunakan meliputi wawancara,observasi, dan doukumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap proses dan strategi pengembangan usaha keramba ikan yaitu menciptakan keadaan yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang dan memperkuat potensi ekonomi yang dimiliki masyarakat untuk memanfaatkan peluang-peluang ekonomi dan dampaknya terhadap ekonomi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses dan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Ngargosari melalui pengembangan budidaya ikan keramba dengan cara memanfaatkan lahan Waduk Kedungombo memberikan kesempatan bagi warga Ngargosari untuk membuka lapangan pekerjaan untuk usaha perikanan dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dampak adanya usaha perikanan melalui pemanfaatan keramba terhadap peningkatan ekonomi warga sangat pesat. Warga yang pada awalnya bekerja sebagai petani berkembang menjadi pengusaha keramba ikan disebabkan lahan yang digunakan kurang cocok untuk pertanian akibat tandus. Terdapat jaringan kerja sama untuk memperjualbelikan hasil panen, dan bagi warga yang berprofesi sebagai pedagang dan peternak ikan, usaha keramba ini sangat menjanjikan, melihat hasil panen yang dibutuhkan dalam jumlah besar, dan meningkat atau seimbang dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hj. Dr Sriharini, S.Ag M.Si,
Uncontrolled Keywords: Keramba, ikan, proses strategi, dampak, ekonomi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Feb 2019 14:32
Last Modified: 11 Feb 2019 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33070

Actions (login required)

View Item View Item