“ IMPLEMENTASI PEMBINAAN SOFT SKILLS SISWI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU‟ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”

ELPIN ELIANA, NIM. 1420411055 (2018) “ IMPLEMENTASI PEMBINAAN SOFT SKILLS SISWI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU‟ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (“ IMPLEMENTASI PEMBINAAN SOFT SKILLS SISWI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU‟ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”)
1420411055_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (“ IMPLEMENTASI PEMBINAAN SOFT SKILLS SISWI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH MU‟ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA”)
1420411055_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Elpin Eliana, 2018, Implementasi Pembinaan Soft Skills Siswi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen Kebijakan Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: DR. Istiningsih, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembinaan soft skills siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan rumusan masalah: 1) Apa saja pembinaan soft skills siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 2) bagaimana implementasi pembinaan soft skills di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, 3) apa dampak implementasi pembinaan soft skills siswi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi secara mendalam untuk memperoleh data yang akurat untuk diolah dalam bentuk deskripsi. Wawancara dilakukan kepada Direktur, Wakil Direktur, Kepala Urusan, perwakilan siswi, pamong Mubaligh Hijrah, dan perwakilan wali siswi. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal Maret 2016 sampai dengan Juli 2018 di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, area Masjid Gedhe, dan lokasi Mubaligh Hijrah di wilayah Kulon Progo. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan proses analisis sejak pengambilan data pertama sampai dengan selesainya penulisan laporan. Hasil dari penelitian ini adalah: jenis pembinaan soft skills siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari: pembinaan soft skill siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta terdiri dari kegiatan di bidang: ekstrakurikuler, bahasa dan kepesantrenan, keterampilan hidup dan kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, olimpiade dan duta lomba, karya tulis ilmiah, keguruan/ilmu pendidikan, organisasi santri, bimbingan konseling dan teknologi informasi komputer, serta agama dan ke-Islaman. Sedangkan dalam implementasinya dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi dengan pola pembinaan yang demokratis dan pendekatan kombinasi partisipatif dan eksperensial. Dampak dari impelementasi pembinaan soft skills siswi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah mampu mengantarkan siswi memiliki kemampuan kepekaan sosial yang tinggi, taat beribadah, patuh terhadap tata tertib, dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembinaan soft skills, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:46
Last Modified: 12 Feb 2019 01:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33081

Actions (login required)

View Item View Item