RELEVANSI BUKU PELAJARAN DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS VII (TELAAH BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 2013 KELAS VII TERBITAN ERLANGGA)

MUHAMMAD TASDIK, NIM. 10411073 (2018) RELEVANSI BUKU PELAJARAN DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS VII (TELAAH BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 2013 KELAS VII TERBITAN ERLANGGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI BUKU PELAJARAN DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS VII (TELAAH BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 2013 KELAS VII TERBITAN ERLANGGA))
10411073__BAB_I-ATAU-BAB_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI BUKU PELAJARAN DENGAN STANDAR ISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS VII (TELAAH BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI 2013 KELAS VII TERBITAN ERLANGGA))
10411073_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Relevansi Buku Pelajaran Dengan Standar Isi Berdasarkan Kurikulum 2013 Kelas Vii (Telaah Buku Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti 2013 Kelas Vii Terbitan Erlangga). Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah buku teks pelajaran adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat mata pelajaran. Dalam buku pelajaran yang diterbitkan oleh penerbit swasta masih terdapat buku yang belum sesuai dengan standar BSNP. Padahal baik buruknya buku pelajaran dapat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik, sehingga dapat mempengaruhi pada pencapaian tujuan pembelajaran peserta didik. Maka dari itu Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai badan yang diberi tanggung jawab untuk mengembangkan standar nasional pendidikan perlu menyusun instrument penilaian buku pelajaran yang baik dan buku pelajaran yang kurang baik. Buku teks pelajaran yang baik dan memenuhi standar BSNP harus memenuhi 4 instrumen penilaian, yaitu: kelayan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesesuaian buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII terbitan Erlangga dengan Standar Isi yang terumuskan dalam kurikulum 2013 dan Untuk mengetahui kelayakan isi buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII terbitan Erlangga Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) menggunakan metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, sumber primer penelitian ini diambil dari buku PAI dan Budi Pekerti SMP kelas VII terbitan Erlangga. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: buku teks PAI dan Budi Pekerti kelas VII terbitan Erlangga belum seluruhnya sesuai dan belum mencakup seluruh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang telah ditetakan oleh buku terbitan Kemendikbud, akan tetapi instrumen yang lainnya sudah sesuai dengan. Sedangkan untuk kualitas kelayakan isi buku PAI dan Budi Pekerti untuk SMP kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 terbitan Erlangga sudah mencakup 4 instrumen kelayakan isi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sukiman, S.Ag, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Buku pelajaran, Standar Isi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 01:47
Last Modified: 12 Feb 2019 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33083

Actions (login required)

View Item View Item