MENUJU KONSELING ISLAM HUMANISTIK (STUDI PEMIKIRAN ALI SYARIATI SEBAGAI LANDASAN KONSEPTUAL BIMBINGAN KONSELING ISLAM)

EKO SETYOUTOMO, NIM.1420411099 (2018) MENUJU KONSELING ISLAM HUMANISTIK (STUDI PEMIKIRAN ALI SYARIATI SEBAGAI LANDASAN KONSEPTUAL BIMBINGAN KONSELING ISLAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENUJU KONSELING ISLAM HUMANISTIK (STUDI PEMIKIRAN ALI SYARIATI SEBAGAI LANDASAN KONSEPTUAL BIMBINGAN KONSELING ISLAM))
1420411099_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENUJU KONSELING ISLAM HUMANISTIK (STUDI PEMIKIRAN ALI SYARIATI SEBAGAI LANDASAN KONSEPTUAL BIMBINGAN KONSELING ISLAM))
1420411099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (728kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling Islam sebagai sarana untuk membantu individu dalam mengatasi problematika psikologis idealnya memiliki landasan yang bermuara pada pemikiran-pemikiran filsafat Islam. Namun demikian faktanya terdapat beberapa persoalan yang perlu dikaji lebih dalam. Persoalan tersebut dalam literatur-literatur bimbingan dan konseling Islam masih bersifat normatif dengan sekedar mengambil dalil-dalil secara tekstual, yang belum diformulasikaan dalam bentuk sebuah pemikiran filsafat. Selain itu terkadang terjadi kerancuan antara landasan religius dalam bimbingan konseling dan landasan filsafat dalam bimbingan konseling Islam. Oleh karena itu menurut peneliti perlu dilakukan kajian terhadap pemikiran filsafat Islam, yang salah satuya adalah pemikiran Humanisme-Islam Ali Syariati. Penelitian ini merupakan studi literer atau library research terhadap pemikiran filsafat Ali Syariati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan pendekatan induktif. Beberapa teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain analisis interpretasi, deskripsi, dan komparasi antara filsafat Humanisme-Islam dengan bimbingan dan konseling Islam. Setelah dilakukan analisis terhadap pemikiran Syariati, maka Humanisme- Islam dapat dijadikan sebagai landasan filsafat konseling Islam. Konseling Islam humanistik dalam penelitian ini adalah adalah sebuah kajian epistemologis terhadap pemikiran Humanisme-Islam Syariati dalam perspektif konseling sebagai landasan konseptual. Dari upaya penyelidikan tersebut dapat dirumuskan bahwa hakekat konseling Islam adalah sebuah bantuan atau pertolongan oleh konselor sebagai orang yang memiliki kapabilitas (rausan fikr) untuk senantiasa bergerak (becoming) melakukan perubahan (hijrah) menuju kesadaran eksistensial al-insan (Humanisme-Islam). Humanisme-Islam dalam pandangan Syariati adalah tentang eksistensi manusia, alam, dan Tuhan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang disebut sebagai konsep Tauhid. Konsep tauhid tersebut merupakan tauhid dunia yaitu pemahaman tauhid yang memiliki implikasi terhadap realitas kehidupan manusia, bukan tauhid yang metafisis. Humanisme-Islam menurut Syariati adalah sebuah pencapaian derajat insan melalui optimalisasi potensi yang diberikan Tuhan antara lain iradat, tafwid, dan ikhtiyar. Aplikasinya adalah kemampuan individu untuk merealisasikan idealitas insan, yaitu kepribadian khalifah di muka bumi yang mampu merealisasikan amanat Tuhan dengan tanggung jawab. Implikasi Humanisme- Islam sebagai landasan filsafat konseling dapat meliputi isu-isu sosial kontemporer antara lain konseling lintas agama dan budaya, konseling deradikalisasi agama, konseling transgender, konseling feminisme, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sumedi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Konseling Islam, Humanisme, Landasan Filososfis
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:00
Last Modified: 12 Feb 2019 02:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item View Item