PEMBENTUKAN KESEHATAN MENTAL REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA (Telaah Pemikiran Zakiah Daradjat)

ARINI KUSUMA WARDANI, NIM. 11410006 (2018) PEMBENTUKAN KESEHATAN MENTAL REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA (Telaah Pemikiran Zakiah Daradjat). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KESEHATAN MENTAL REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA (Telaah Pemikiran Zakiah Daradjat))
11410006_BAB I_BAB_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KESEHATAN MENTAL REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA (Telaah Pemikiran Zakiah Daradjat))
11410006_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masalah yang terjadi pada remaja tidak lain karena mental dari mereka yang tidak sehat dan salah satu pihak yang turut bertanggung jawab dalam hal ini adalah keluarga. Keluarga merupakan orang terdekat yang dapat membimbing dan mengarahkan remaja menjadi pribadi yang memiliki mentalitas dan fondasi agama yang baik. Zakiah Daradjat adalah salah satu tokoh yang memiliki pemikiran yang mendalam tentang hal ini. Beliau merupakan tokoh psikologi Islam wanita pertama yang secara mendalam meneliti tentang kesehatan mental pada remaja, hal ini dibuktikan salah satunya dengan tesis beliau untuk meraih gelar MA di Universitas „Ain Syams yang kemudian dibukukan dalam judul “Problema Remaja di Indonesia” dengan spesialisasi membahas Kesehatan Mental. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peran keluarga dalam pembentukan kesehatan mental remaja, (2) Mengetahui pembentukan kesehatan mental remaja melalui pendidikan agama islam dalam keluarga menurut Zakiah Daradjat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan metode analisis data menggunakan deskriptif analisis, sedangkan sumber data yang digunakan peneliti terdiri dari sumber primer seperti buku buku karya Zakiah Daradjat, dan sumber sekunder yaitu buku-buku dan dokumen lainnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengaruh lingkungan keluarga sangatlah besar terhadap pembentukan kesehatan mental remaja. Yang dapat dilakukan keluarga antara lain: pengertian terhadap remaja, menjadi pendengar yang baik bagi remaja, tidak mencampuri urusan pribadi remaja, dan menghindari hukuman dan ancaman terhadap remaja. (2) Pendidikan agama islam yang dilakukan dalam lingkungan keluarga merupakan satu kekuatan yang sangat penting dalam pembentukan kesehatan mental remaja. Dengan jiwa yang sehat, kenakalan remaja dapat dicegah. Keluarga harus bisa menciptakan ketenteraman batin bagi anaknya yang sedang berada diusia remaja. Seperti memberikan pengertian, nasehat, bimbingan pada masalah-masalah yang sedang dihadapi remaja lewat pendidikan agama islam yang diberikan dalam lingkungan keluarga agar mereka terhindar dari gangguan kejiwaan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental, Remaja, Pendidikan Agama Islam, Keluarga
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:01
Last Modified: 12 Feb 2019 02:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33087

Actions (login required)

View Item View Item