KONSEP AL-QUR'ĀN TENTANG PENYELESAIAN MASALAH YANG DIHADAPI MANUSIA DAN IMPLIKASINYA BAGI KONSELING ISLAM (KAJIAN TEMATIK TERHADAP KISAH NABI YUSUF)

NOVI AFRIADI, NIM. 1420411100 (2018) KONSEP AL-QUR'ĀN TENTANG PENYELESAIAN MASALAH YANG DIHADAPI MANUSIA DAN IMPLIKASINYA BAGI KONSELING ISLAM (KAJIAN TEMATIK TERHADAP KISAH NABI YUSUF). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP AL-QUR'ĀN TENTANG PENYELESAIAN MASALAH YANG DIHADAPI MANUSIA DAN IMPLIKASINYA BAGI KONSELING ISLAM (KAJIAN TEMATIK TERHADAP KISAH NABI YUSUF))
1420411100_BAB-I, V, DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP AL-QUR'ĀN TENTANG PENYELESAIAN MASALAH YANG DIHADAPI MANUSIA DAN IMPLIKASINYA BAGI KONSELING ISLAM (KAJIAN TEMATIK TERHADAP KISAH NABI YUSUF))
1420411100_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (749kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keprihatinan berbagai permasalahan yang dihadapi manusia saat ini. Dimana tingkat kenakalan anak dan remaja hari demi hari semakin meningkat. Begitu halnya dengan masalah yang dihadapi orang dewasa, seperti perceraian, broken home, dan lainnya. Hal tersebut merupakan tanda menurunnya identitas/jati diri dan merosotnya akhlak yang menjadi cerminan diri. Dengan menjadikan kisah Nabi Yunus dalam al-Qur‟an serta peristiwa- peristiwa menjadikan objek, maka penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi atau mengungkapkan konsep-konsep al-Qur‟an yang terkandung dalam kisah Nabi Yusuf dalam al-Qur‟an, mengacu pada kitab-kitab tafsir, dengan menggunakan analisis kualitatif, berupa teori-teori, pernyataan-pernyataan beberapa ahli yang memiliki relevansi dengan masalah yang dibahas, dimana penyajiannya bersifat deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data yang dimiliki relevansi dengan masalah yang dibahas, baik itu yang bersumber dari buku atau sumber tertulis lainnya (jurnal, makalah, artikel, atau laporan penelitian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisi kehidupan keagamaan nabi Yunus jauh lebih ditekankan daripada aspek kepribadian lainnya, dengan demikian kisah ini mengandung konsep-konsep dasar yang bersifat universal dan abadi dalam menghadapi berbagai masalah hidup dan ujian-ujian yang ada. Minimal ada 4 konsep yang bisa diambil dari kisah Nabi Yusuf, yaitu konsep iman, konsep berfikir, konsep kesabaran, dan konsep hidup masa depan. Terbukti, dengan konsep-konsep tersebut, Nabi Yusuf dapat menjalani dan menghadapi masalah dan ujian dalam hidupnya. Maka, kisah Nabi Yusuf sangat tepat menjadi pelajaran yang berharga bagi kehidupan manusia. Dan kisah tersebut bisa menjadi content (materi) dalam bidang konseling Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kisah Nabi Yusuf, Konsep Penyelesaian Masalah bagi manusia, Konseling Islam.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Feb 2019 02:08
Last Modified: 12 Feb 2019 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33089

Actions (login required)

View Item View Item