PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK

MUH ALFI FAJERIN, NIM.1420411120 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK)
1420411120_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK)
1420411120_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (718kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peran keluarga sebagai pranata sosial pertama dan utama, mempunyai arti paling strategis dalam mengisi dan membekali religious values (nilai-nilai keagamaan) yang dibutuhkan oleh seorang anak. Keluarga merupakan pranata yang secara konstributif mempunyai andil besar dalam pembentukan, penanaman, pertumbuhan, dan pengembangan pendidikan karakter anak. Pengaruh sosialisasi dan enkulturasi yang berasal dari keluarga sangat besar bagi pembentukan dan perkembangan seorang anak. Disinilah seharusnya peran orang tua pendatang di Dusun Sogo dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak hingga terbentuk karakter religius dalam dirinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini mengkaji penanaman nilai-nilai pendidikan islam seperti itiqadiyyah, khuluqiyah, amaliyyah dalam membentuk karakter religius. Strategi pembentukan karakter seperti: moral knowing, moral feeling, moral action. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Keluarga Pendatang Dusun Sogo, Sidayu, Bandar, Batang, Jawa Tengah ialah sebagai berikut: penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarga pendatang melalui pendidikan aqidah, pendidikan ibadah, dan pendidikan akhlak. metode orang tua dalam pembentukan karakter religius anak, yakni sebagai berikut: keteladanan, adat kebiasaan, nasehat, pemberian perhatian, dan pemberian ganjaran dan hukuman. Kemudian dapat dilihat dampak strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pembentukan karakter religius anak di keluarga pendatang yaitu (1) Pelaksanaan ibadah dalam diri anak seperti sholat, puasa, membaca al-Qur’an. (2) Berbakti kepada orang tua. (3) Sikap menghormati dan sopan santun. (4) Peduli sesama (5) Tidak membeda-bedakan pemeluk agama lain dan hidup rukun dengan semua teman. Selain itu dalam penelitian ini ditemukan beberapa penghambat seperti adanya sikap anak yang terkadang tertutup terhadap nasehat orang tua, kurang diperhatikannya anak ketika berada di luar rumah atau ditinggal bekerja, dan faktor lingkungan. Sementara pendukungnya adalah latar belakang keluarga, komunikasi orang tua dengan anak, adanya keteladanan sikap orang tua dalam pembentukan karakter religius anak, dan adanya kerjasama antara orang tua dan guru sekolah yang mendukung pembentukan karakter anak

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Karakter Religius, Keluarga
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Feb 2019 09:14
Last Modified: 12 Feb 2019 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum