PEMANFAATAN LABORATORIUM PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA N 4 MAGELANG

Iryawan, NIM. 11410050 (2018) PEMANFAATAN LABORATORIUM PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA N 4 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LABORATORIUM PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA N 4 MAGELANG)
11410050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LABORATORIUM PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI DI SMA N 4 MAGELANG)
11410050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tujuan utama pendidikan Nasional adalah menjadikan peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah mewajibkan setiap sekolah menyelenggarakan pembelajaran agama. Namun terkadang pembelajaran PAI di sekolah tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI menjadi hambatan utama proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. Minat belajar dapat tumbuh dikarenakan siswa mulai senang terhadap mata pelajaran sehingga dengan mudah memahami suatu materi, sedangkan materi akan maksimal diterima siswa apabila disampaikan menggunakan sarana dan prasarana yang memadai. Salah satu sarana dan prasarana yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran PAI adalah laboratorium PAI. Melalui Laboratorium PAI ini iharapkan mampu meningkatkan minat belajar para siswa, sebab dengan adanya laboratorium PAI pembelajaran PAI tidak melulu belajar di kelas, siswa diajak belajar langsung dengan sarana pembelajaran yang terdapat di dalam lab. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan laboratorium PAI, Bagaimana dampak pemanfaatan laboratorium PAI terhadap peningkatan minat belajar PAI siswa kelas XI di SMA N 4 Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan laboratorium PAAI dan menganalisis dampak pemanfaatan laboratorium PAI dalam meningkatkan minat belajar PAI di SMA N 4 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar SMA N 4 Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Guru PAI yang sekaligus adalah pengelola laboratorium PAI beserta para siswa telah memanfaatkan laboratorium PAI sebagai sarana prasarana kegiatan belajar mengajar dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan guru mengajak siswa untuk belajar di laboratorium PAI serta melaksanakan materi-materi PAI yang membutuhkan praktek di laboratorium dan menggunakan media yang ada di laboratorium sebagai sarana pembelajaran. (2) Dampak dari pemanfaatan laboratorium PAI, yaitu meningkatnya minat belajar PAI siswa. Ada tiga indikator dalam minat, yaitu perasaan suka, perhatian, dan keaktifan. Dari ketiga indikator tersebut siswa semakin menunjukkan perasaan suka, perhatian, dan keaktifan dalam proses pembelajaran yang tidak terlepas dari pemanfaatan laboratorium PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Laboratorium PAI, Peningkatan Minat Belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 10:27
Last Modified: 12 Feb 2019 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum