PERAN KIAI DALAM PEMBENTUKAN GENERAL LIFE SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUHDI KRAPYAK LOR SLEMAN

Aziz Ramadani, NIM. 11410054 (2018) PERAN KIAI DALAM PEMBENTUKAN GENERAL LIFE SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUHDI KRAPYAK LOR SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KIAI DALAM PEMBENTUKAN GENERAL LIFE SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUHDI KRAPYAK LOR SLEMAN)
11410054_BAB-1_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PERAN KIAI DALAM PEMBENTUKAN GENERAL LIFE SKILL SANTRI PONDOK PESANTREN AL MUHDI KRAPYAK LOR SLEMAN)
11410054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya studi studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis bahwa sentralnya figur dalam keberlangsungan hidup pesantren dan urgenitas pembentukan General Life Skill di pesantren. Oleh sebab itu, perlu dicari tahu bagimana peran kiai dalam pembentukan General Life Skill di Pondok Pesantren Al-Muhdi Krapyak Lor meliputi peran-peran apa saja yang dilakukan oleh seorang kiai serta faktor apa sajakah yang dapat mendukung dan menghambat pembentukan General Life Skill santri.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kriris tentang pembentukan kecakapan umum (general life skill) santri. . Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk memberi masukan mengenai pembentukan kecakapan umum (general lifel skill) santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Al-Muhdi Krapyak Lor Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi (pengamatan), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil ditemukan, dan dari makna tersebut akan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembentukan kecakapan umum (general life skill) dilakukan melalui peran kiai sebagai pengajar, pemimpin pesantren, dan manajer pesantren. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kecakapan umum (general lifeskill) terdiri atas dua faktor, yaitu faktor pendukung dan factor penghambat. Adapun faktor pendukung secara internal dari pembentukan kecakapan umum general life skill) adalah: a) fasilitas yang memadai, b) bakat bawaan santri, c) perhatian dari pengasuh, d) profil hidup dari KH. Agus Masruri sebagai pengasuh, e) keberagaman latar belakang santri. Adapun factor pendukung secara eksternal terdiri dari: a) keluarga yang memiliki pengetahuan pesantren, b) lingkungan yang mengutamakan gotong-royong c) Pendidikan formal yang ditempuh oleh santri di luar pondok pesantren. Sedangkan fakor penghambat secara internal pembentukan kecakapan umum (general life skill) adalah: a) sifat negatif santri, b) kebebasan santri ketika berada di luar pesantren, dan c) evaluasi pembelajaran yang diakukan secara baik. Adapun faktor secara eksternal terdiri atas: a) keluarga yang kurang paham dengan pesantren, b) pengaruh dari luar pesantren yang tidak bisa terkendali, dan c) Pengaruh internet dan sosial media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Maragustam Siregar, M.A
Uncontrolled Keywords: general life skill, pembentukan, factor
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 10:34
Last Modified: 12 Feb 2019 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum