FUNGSI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DI DUSUN KETELA TEGALREJO GEDANGSARI GUNUNG KIDUL

Adi Nugroho, NIM.11410073 (2018) FUNGSI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DI DUSUN KETELA TEGALREJO GEDANGSARI GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FUNGSI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DI DUSUN KETELA TEGALREJO GEDANGSARI GUNUNG KIDUL)
11410073_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (FUNGSI DAN PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DI DUSUN KETELA TEGALREJO GEDANGSARI GUNUNG KIDUL)
11410073_BAB II_SAMPAI SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam dunia pendidikan, dikenal dengan yang namanya Tripusat pendidikan, yakni: Keluarga, Masyarakat dan Sekolah. Ketiga lingkungan ini memiliki peranan masing-masing dalam menentukan akan tumbuh seperti apa seorang manusia itu. Dalam ketiga lingkungan tersebut, lingkungan keluarga merupakan lembaga pendidikan tertua yang bersifat informal yang pertama dan utama yang dialami oleh anak manusia. Keluarga dalam hal ini adalah orang tua khususnya bertanggung jawab memelihara, merawat, melindungi dan mendidik agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Dalam pendidikan Islam, orang tua juga memiliki peranan vital dalam terbentuknya akhlak, dan kemampuan sang anak. Untuk itu, perlu adanya sebuah penelitian untuk mengetahui apakah, peran dan fungsi orang tua sudah terlaksana dengan baik atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi, peran dan fungsi orang tua juga kendala dalam melakukan pendidikan Islam di sebuah dusun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field research) dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dusun ini memiliki dua organisasi masyarakata Islam yang berbeda kondisinya, yaitu LDII (Lembada Dakwah Islam Indonesia) dan NU (Nahdlatul Ulama). Kegiatan pada dua organisasi masyarakat Islam ini cukup jauh berbeda, LDII menjadikan masjid Nurul Huda dengan penuh kegiatan, dan NU dengan masjid Al Mustaqim yang sepi semenjak sudah jarang pembina jamaah yang hadir untuk memberikan pengajian agama. 2) Orang tua didusun Ketela sudah melaksanakan peran dan fungsi dengan cukup baik, mereka berusaha memenuhi kebutuhan, sandang, papan, pakaian dengan semaksimal mungkin, meskipun ada satu dua yang belum terpenuhi. Mereka juga berusaha mendidik anak-anak mereka menjadi pribadi mandiri yang tangguh yang kelak dapat bisa di andalkan. Meskipun dalam pemahaman agama sebagian orang tua cukup lemah, mereka berusaha memaksimalkan dalam hal lain untuk munutupi kekurangan ini. Mereka mengajarkan anak anak budi pekerti, norma, aturan yang akan menjadikan anak hidup disiplin dan tanggung jawab. 3) Kendala yang di hadapi orang tua dalam pelaksanaan pendidkan agama islam di sebabkan oleh a) Pengetahuan Orang Tua yang Rendah. b) Lokasi Dusun Jauh Dari Perkotaan. c) Adanya Perbedaan Pandangan Terhadap Organisasi Islam. d) Tidak ada Ustadz (Pengajar Agama) yang membina Dusun Ketela. e) Medan yang Sulit dilalui.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Wasith Achadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Islam, Aqliyah, Jismiyah, Adabiyah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 10:53
Last Modified: 12 Feb 2019 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33097

Actions (login required)

View Item View Item