HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN PENGURUS PONDOK PESANTREN TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK RIBATH AL-QUR’AN KRAPYAK YOGYAKARTA

CHAMDAN MUDAWWAM, NIM. 14230003 (2018) HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN PENGURUS PONDOK PESANTREN TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK RIBATH AL-QUR’AN KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN PENGURUS PONDOK PESANTREN TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK RIBATH AL-QUR’AN KRAPYAK YOGYAKARTA)
14230003_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN PENGURUS PONDOK PESANTREN TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI AL-MUNAWWIR KOMPLEK RIBATH AL-QUR’AN KRAPYAK YOGYAKARTA)
14230003_BAB II_SAMMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kepemimpinan Pengurus Pondok Pesantren Al-Munawwir komplek Ribath Al-Qur’an merupakan seorang pemimpin yang bertanggung jawab atas semua yang berkaitan dengan Pondok Pesantren Al-Munawwir komplek Ribath Al-Qur’an. Keseharian kepemimpinan pengurus pondok selalu mengawasi, memberikan nasehat dan memotivasi kepada santri menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tipe kepemimpinan pengurus pondok pesantren dengan motivasi menghafal Al-Qur’an santri yang tinggal di Pondok Pesantren Al-Munawwir komplek Ribath Al-Qur’an Krapyak Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner/angket. Sampel yang digunakan berjumlah 31 santri Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Ribath Al-Qur’an dengan jumlah populasi berjumlah 45 santri, untuk pengambilan sampel digunakan rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji chi-square. Hasil analisis disajikan dalam bentuk angka yang kemudian dijelaskan dan diinterprestasikan dalam sebuh uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tipe kepemimpinan pengurus pondok pesantren Al-Munawwir komplek Ribath Al-Quran lebih mendominasi pada kepemimpinan demokratis, hal ini ditunjukkan dengan hasil angket responden yang memilih kepemimpinan demokratis sebanyak 20 orang (77,4%). Tingkat Motivasi menghafal Al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Munawwir komplek Ribath Al-Quran tergolong tinggi. Jadi dalam kategori tinggi ini faktor motivasi dipengaruhi oleh diri sendiri, dukungan orang tua, dan lainnya dipengaruhi oleh pihak lain. Tetapi pada Analisis data dengan uji chi-square didapatkan dengan dua perhitungan, pertama menggunakan nilai X2 hitung X2 tabel dengan hasil 1,78 3,841 yang dinyatakan bahwa Ho diterima. Kedua dengan hasil perhitungan nilai Asimp.Sig . (2-sided) atau (ɑ =0,05 0,183) dinyatakan bahwa Ho diterima yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara kepemipinan demokratis di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Ribath Al-Qur’an dengan motivasi menghafal Al-Qur’an santri. Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan yang ada di pondok pesantren Al-Munawwir komplek Ribath Al-Qur’an tidak berperan dalam memotivasi santri menghafal Al-Qur’an, melainkan motivasi tinggi di pengaruhi oleh adanya hasrat dan keinginan untuk menghafal, dorongan orang tua, memiliki harapan, penghargaan dan penghormatan atas diri dan lingkungan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Afif Rifai MS
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Pengurus Pondok, Motivasi Menghafal Al-Qur’an
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2019 11:04
Last Modified: 12 Feb 2019 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum