PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SENI HADRAH DI MTS NEGERI 04 GUNUNGKIDUL

Indra Nurwijayanto, NIM. 11410128 (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SENI HADRAH DI MTS NEGERI 04 GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SENI HADRAH DI MTS NEGERI 04 GUNUNGKIDUL)
11410128_BAB I_ BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI DALAM SENI HADRAH DI MTS NEGERI 04 GUNUNGKIDUL)
11410128_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter religius siswa melalui penanaman nilai-nilai dalam seni hadrah. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi saat ini, banyak permasalahan baru yang muncul dan dapat mengakibatkan kemunduran akhlak manusia. Tidak dapat dipungkiri lagi, kemajuan teknologi canggih saat ini sangat mudah didapatkan bahkan sampai kepelosok negeri. Untuk itu, pembentukan karakter religius sangat diperlukan agar perkembangan teknologi yang serba canggih ini tidak memberikan dampak negatif terhadap masyarakat khususnya peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mendapatkan sumber data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan, dipilih karena mempelajari segala tindakan dan pandangan hidup manusia yang menginternalisasikan ajaran agama dalam dirinya. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTs Negeri 04 Gunungkidul, para guru, dan siswa MTs Negeri 04 Gunungkidul. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Setelah data terekumpul, selanjutnya data tersebut diklasifikasikan dan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitik, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang telah dikumpulkan, kemudian disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Data yang telah didapat kemudian dilakukan pengecekan kebenarannya menggunakan Triangulasi Data dengan cara: a) Membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, b) Membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa yang dikatakannya secara pribadi, c) Membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang situasi penelitian dengan apa yang dikatakannya sepanjang waktu, d) Membandingkan keadaan dan prespektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, e) Membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan pembentukan karakter religius siswa melalui nilai-nilai yang terkandumng dalam seni hadrah di MTs Negeri 04 Gunungkidul ada dua, meliputi: a) nilai aqidah, meliputi nilai tawakal dan syukur, b) nilai akhlak, meliputi akhlak terhadap Rasulullah, akhlakterhadap diri sendiri, akhlak terhaap keluarg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Karakter, Religius, Seni, Hadrah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 13:07
Last Modified: 12 Feb 2019 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum