HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN SEKOLAH PAI DI SD/MI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 MOYUDAN

ZAHRATUL ARAFAH, NIM. 11410144 (2018) HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN SEKOLAH PAI DI SD/MI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 MOYUDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN SEKOLAH PAI DI SD/MI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 MOYUDAN)
11410144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN SEKOLAH PAI DI SD/MI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 MOYUDAN)
11410144_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan rendahnya prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan bisa disebabkan diantaranya oleh nilai ujian sekolah PAI di jenjang sebelumnya (SD/MI) dan metode pembelajaran. Subjek pada penelitian siswa kelas VII SMP N 1 Moyudan tahun ajaran 2017/2018 sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa dokumentasi untuk nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dan Prestasi Belajar PAI di SMP N 1 Moyudan, serta metode angket untuk metode pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan : adanya hubungan positif antara nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan rhitung sebesar 0,458. Pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel (n- 2) sebesar 0,361, dengan sumbangan efektif sebesar 15,67%. Hubungan positif antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan rhitung sebesar 0,475. Pada taraf signifikansi 5% dengan rtabel (n-2) sebesar 0,361, dengan sumbangan efektif sebesar 17,40%. Hubungan positif dan signifikan antara nilai ujian sekolah PAI di SD/MI dan metode pembelajaran dengan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP N 1 Moyudan, dengan harga Fhitung sebesar 7,163. Pada taraf signifikansi 5% dengan Ftabel (df = 1 : 30) sebesar 4,17. Fhitung lebih besar daripada Ftabel atau dapat dikatakan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Sumbangan efektif yang diperoleh sebesar 33,07%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Nilai Ujian Sekolah PAI, Metode Pembelajaran, Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 13:22
Last Modified: 12 Feb 2019 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum