MANUSIA IDEAL DALAM PANDANGAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Ihsan Dhiyauddin, NIM. 11410187 (2018) MANUSIA IDEAL DALAM PANDANGAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANUSIA IDEAL DALAM PANDANGAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
11410187_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MANUSIA IDEAL DALAM PANDANGAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
11410187_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Merosotnya kualitas sumber daya manusia umat Islam berpengaruh pada maju mundurnya peradaban. Oleh karenanya perlu adanya upaya-upaya strategis yang dipersiapkan secara matang memajukan peradaban. Meningkatkan kualitas pendidikan Islam merupakan salah satu upaya tersebut. Diantara langkah penting dan sangat berpengaruh dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan adalah menemukan konsepsi tentang manusia yang sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Kajian mengenai manusia ideal dalam perspektif pendidikan menjadi sangat penting, mengingat pengaruhnya yang begitu besar dalam pendidikan terutama dalam keterkaitannya yang erat dengan penentuan tujuan pendidikan. Konsepsi Al-Attas tentang manusia ideal yang berakar pada pemahamannya yang khas mengenai adab. Skripsi ini membahas tentang manusia ideal dalam pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan menggunakan pendekatan filosofis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manusia ideal dalam pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas adalah manusia yang terinternalisasi adab dalam dirinya, dengan kata lain adalah manusia beradab (man of adab atau insan adabi). Manusia beradab adalah manusia yang dihasilkan dari proses pendidikan (ta’dib), yang dengan ilmunya mampu memahami secara tepat dan benar posisi dirinya dan posisi sesuatu yang ada di luar dirinya berdasarkan tananan wujud dan penciptaan, sehingga dia mampu menjalankan kehidupan dengan mendayagunakan seluruh potensi dirinya untuk mengabdi kepada sang Pencipta sesuai dengan ketentuanketentuan yang terdapat dalam konsep din Islam. Relevansi pemikiran Al-Attas dengan tujuan pendidikan Islam terlihat jelas dalam pandangan Al-Attas mengenai manusia beradab sebagai goal dari proses pendidikan yang olehnya disebut dengan proses ta’dib. Selain itu manusia beradab dalam pandangan Al-Attas berkaitan dengan dimensi tujuan pendidikan Islam, yaitu tujuan pendidikan jasmani atau alahdaf al-jismiyyah, pendidikan ruhani atau al-ahdaf al-ruhaniyyah, pendidikan akal (al-ahdaf al-‘aqliyyah), dan pendidikan sosial (al-ahdaf al-ijtima’iyyah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manusia, Ideal, Adab, Tujuan Pendidikan Islam.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:50
Last Modified: 12 Feb 2019 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33111

Actions (login required)

View Item View Item