RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAẓĀIF AL MUTA’ALLIM KARYA K.H. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

TRI ANDI WINARTO, NIM. 11410193 (2018) RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAẓĀIF AL MUTA’ALLIM KARYA K.H. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAẓĀIF AL MUTA’ALLIM KARYA K.H. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410193_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAẓĀIF AL MUTA’ALLIM KARYA K.H. ZAINAL ABIDIN MUNAWWIR DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
11410193_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan seharusnya dapat membentuk kepribadian dan akhlak yang mulia pada peserta didik. Namun pada kenyataannya pendidikan kita baik lembaga pendidikan formal maupun nonformal mulai mengesampingkan pendidikan akhlak dan kurang memperhatikan segi-segi yang bersifat moralitas dan etika. Pendidikan akhlak merupakan suatu harapan dan dapat menjadi solusi problem moralitas dan etika dalam dunia pendidikan pada saat ini. Untuk itu konsep dan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab karya para ulama tradisional kiranya bisa dikaji ulang dan dimasukan dalam kurikulum pendidikan saat ini dengan proses menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak melalui proses pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim dan bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim dalam Pendidikan Agama Islam. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim dalam Pendidikan Agama Islam Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai- nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim terangkum dalam dua puluh tiga pasal yang telah dikemas secara sistematis. Dan antara satu materi dengan lainnya terdapat keserasian sebagai sarana dalam mencapai kompetensi pendidikan akhlak dengan cara penanaman nilai-nilai terhadap peserta didik, materi yang terdapat dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim tidak hanya berkaitan dengan individual saja, tetapi juga berhubungan dengan orang lain dan tentu saja hubungan dengan tuhannya. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim ini sangat relevan dalam Pendidikan Agama Islam, dikarenakan di dalam kitab Waᶎāif al Muta’allim ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya materi yang mengadung nilai-nilai keimanan dan keIslaman dalam mata pelajaran akhlak, dan juga metode atau cara penanaman proses pendidikan akhlak yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat agar menjadi manusia yang berkarakter mulia sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Munawwar Khalil, SS, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan akhlak, Waᶎāif al Muta’allim, materi, metode, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:07
Last Modified: 12 Feb 2019 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33113

Actions (login required)

View Item View Item