KONSEP NILAI PRIBADI DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Pemikiran Buya Hamka)

HANGGAR CAHYO NUGROHO, NIM. 11410200 (2018) KONSEP NILAI PRIBADI DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Pemikiran Buya Hamka). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP NILAI PRIBADI DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Pemikiran Buya Hamka))
11410200_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP NILAI PRIBADI DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Pemikiran Buya Hamka))
11410200_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya gejala peserta didik yang mengalami kemerosotan moral. Konteks yang berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasional. Sejalan dengan program penguatan pendidikan karakter, sebagai upaya pendidikan nasional untuk menghasilkan pribadi yang baik, penguatan pribadi adalah tawaran Hamka sebagai langkah rasional dalam mengatasi permasalahan ini. Menjawab tantangan itu, karakter religius sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral. Oleh karena itu perlu adanya penelitian untuk mengkaji lebih dalam konsep nilai pribadi menurut pemikiran Hamka yang mengarah pada penumbuhkembangan karakter religius peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan pendekatannya filosofis-historis. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan diambil kesimpulan dengan penalaran induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep nilai pribadi adalah rancangan yang dirumuskan atas kepercayaan berdasar akal pikiran untuk dapat mempertimbangkan suatu individu mempunyai kelebihan diri yang bermanfaat daripada individu lain sebagai acuan bertindak dan membuat keputusan. Nilai pribadi diukur oleh aqal, dan berasaskan pada ajaran Islam dengan tujuan membentuk akhlak mulia. Kriteria nilai pribadi ada lima, yaitu nilai pribadi dasar, nilai pribadi kuat, nilai pribadi lemah, nilai pribadi sempurna, dan nilai pribadi besar. 2) Konsep nilai pribadi dalam menumbuhkembangkan karakter religius peserta didik terletak pada jalur pembinaan akhlak yang menuntut keseimbangan pendidikan dan pengajaran. Peran konsep nilai pribadi dalam enumbuhkembangkan karakter religius peserta didik di antaranya: (1) Sebagai referensi internal peserta didik dalam bekerjasama dan berhubungan dengan Tuhan, dirinya sendiri, sesama manusia, masyarakat, lingkungan dan kebangsaan; (2) Sebagai alat introspeksi individu peserta didik dalam rangka mengaktualisasi diri; (3) Sebagai acuan pendidik mengidentifikasi karakteristik peserta didik sebelum melakukan pembinaan lebih lanjut; (4) Sebagai acuan pendidik dalam menentukan metode dan strategi pembelajaran; (5) Sebagai muatan pada materi pembelajaran yang dapat mentransformasikan karakter religius; (6) Sebagai penyiapan bahan pembentuk karakter religius, yaitu kesehatan jasmani dan rohani. Dengan nilai pribadi, seseorang akan mengarahkan dirinya untuk memiliki karakter religius yang berciri pada implementasi ajaran agamanya, serta dapat menghargai orang lain karena mengetahui pokok pangkal yang menjadi sebab perbedaan pendirian orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Pribadi, Akhlak, Karakter Religius
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:15
Last Modified: 12 Feb 2019 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33114

Actions (login required)

View Item View Item