KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Nurul Hidayah, NIM. 11410213 (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH PRAMBANAN)
11410213_BAB I_ BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH PRAMBANAN)
11410213_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kreatifnya cara/kreativitasnya seorang guru diharapkan mampu membentuk karakter peserta didik, khususnya karakter tanggung jawab. Baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Permasalahannya dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru PAI dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik, dan bagaimana metode yang digunakan oleh guru PAI SD Muhammadiyah Prambanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik di SD Muhammadiyah Prambanan, dan untuk mengetahui metode yang digunakan guru PAI SD Muhammadiyah Prambanan dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik. Penilitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data guru PAI dan peserta didik SD Muhammadiyah Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskriptif yang panjang, dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru PAI SD Muhammadiyah Prambanan menerapkan/ melakukan hal-hal sederhana untuk menanamkan rasa/ karakter tanggung jawab yang tinggi pada diri setiap peserta didik, diantaranya; memulai dari tugas-tugas sederhana, menebus kesalahan saat berbuat salah, segala sesuatu mempunyai konsekuensi, dan sering berdiskusi tentang pentingnya tanggung jawab. Kreativitas guru PAI SD Muhammadiyah Prambanan dalam pembentukan karakter pada pesera didik, adalah dengan cara menciptakan kelas yang demokratis. Disini siswa bisa belajar untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri. Tidak hanya itu, dia bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas hasil karya sendiri, menyerahkan tugas tepat waktu, dan mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama. Dan hal ini sesuai dengan indikator-indikator nilai karakter tanggung jawab. 2) Metode yang digunakan guru PAI SD Muhammadiyah Prambanan dalam pembentukan karakter tanggung jawab pada peserta didik, adalah metode Live In. Metode ini diterapkan dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran (kegiatan pengembangan PAI). Dalam pembelajaran PAI guru selalu mengedepankan sikap kejujuran dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:44
Last Modified: 12 Feb 2019 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33115

Actions (login required)

View Item View Item