UPAYA GURU PAI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Ditinjau Dari Perspektif Teori Kebutuhan Abraham Maslow)

Husnul Khotimah, NIM. 11411010 (2018) UPAYA GURU PAI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Ditinjau Dari Perspektif Teori Kebutuhan Abraham Maslow). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Ditinjau Dari Perspektif Teori Kebutuhan Abraham Maslow))
11411010_BAB I_ BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA (Ditinjau Dari Perspektif Teori Kebutuhan Abraham Maslow))
11411010_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kecenderungan lembaga pendidikan yang lebih memfokuskan pembelajaran umum karena sebagai syarat kelulusan pada Ujian Nasional, sehingga mengadakan latihan soal (try out) untuk menghasilkan nilai yang baik. Sedangkan untuk pembelajarakn PAI sendiri yang menjadi pondasi siswa untuk kehidupan sehari-harinya, kurang diprioritaskan, yang pada akhirnya mempengaruhi kecenderungan untuk mengesampingkan pembelajaran PAI, dengan alasan pembelajaran tersebut dapat dipelajari di keluarga dan masyarakat. Berawal dari masalah tersebut, Guru PAI di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta berperan aktif meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan upaya Guru PAI meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist, dan mendeskripsikan upaya Guru PAI meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist (ditinjau dari teori kebutuhan Abraham Maslow). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan: Upaya yang dilakukan guru PAI SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta meningkatkan motivasi belajar siswa kelas vii adalah dengan membimbing kemampuan BTA siswa, menumbuhkan kenyamanan memenuhi kebutuhan keamanan siwa, memenuhi kebutuhan akan cinta dan memiliki, memenuhi kenyamanan siswa dalam belajar, menumbuhkan sikap harga diri siswa, dan menumbuhkan sikap aktualisasi diri siswa. Sedangkan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta adalah cita-cita dan aspirasi siswa, kondisi jiwa dan rohani siswa, kondisi kelas dalam belajar, kondisi lingkungan sekolah, unsur-unsur dinamis pada diri siswa, dan upaya dari guru PAI sendiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dan upaya guru PAI meningkatkan motivasi belajar siswa ditinjau dari perspektif teori kebutuhan Abraham Maslow sudah memenuhi semua tingkatan kebutuhan adapun tingkatan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar siswa, memenuhi kebutuhan keamanan siwa, memenuhi kebutuhan akan cinta dan memiliki, memenuhi kebutuhan harga diri siswa, dan memenuhi kebutuhan aktualisasi diri siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Muhajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru PAI, Motivasi Belajar Siswa, Teori Abraham Maslow
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:17
Last Modified: 13 Feb 2019 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33119

Actions (login required)

View Item View Item