UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN : (STUDI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ANWAR, KELURAHAN PLOSO, KABUPATEN PACITAN)

JAYYIDAN FALAKHI MAWAZA, NIM. 14230021 (2018) UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN : (STUDI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ANWAR, KELURAHAN PLOSO, KABUPATEN PACITAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN : (STUDI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ANWAR, KELURAHAN PLOSO, KABUPATEN PACITAN))
14230021_ BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM PEMBERDAYAAN SANTRI BERBASIS KEWIRAUSAHAAN : (STUDI DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ANWAR, KELURAHAN PLOSO, KABUPATEN PACITAN))
14230021_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Di tengah berbagai tuntutan zaman yang kian kompetitif yang berakibat kepada maraknya kemiskinan dan ketidakberdayaan ekonomi sudah seharusnya bagi pesantren sebagai agent of change peka terhadap permasalahan tersebut dengan berupaya untuk memproduksi santri yang berkualitas dengan berbagai macam ketrampilan dan keahlian. Pondok pesantren modern Al-Anwar merupakan salah satu pondok pesantren di Indonesia yang memberdayakan santrinya dengan membekali ketrampilan dan keahlian dalam bidang kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan dan menggambarkan datadata yang bertujuan untuk mengungkapkan fakta yang ada dilapangan secara sistematis. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan terdapat empat tahapan pemberdayaan santri yakni: Pelatihan, permodalan, pendampingan dan pemasaran. Sedangkan hasil pemberdayaan berbasis kewirausahaan yakni: Partisipasi, kemandirian, pendidikan kewirausahaan dan jaringan bisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Santri, Pondok Pesantren, Kewirausahaan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Feb 2019 02:37
Last Modified: 13 Feb 2019 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33122

Actions (login required)

View Item View Item