PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN LOKAL OLEH KELOMPOK WANITA TANI PUTRI 21 DESA NGAWU KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

LUTFIYAH, NIM. 14230028 (2018) PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN LOKAL OLEH KELOMPOK WANITA TANI PUTRI 21 DESA NGAWU KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN LOKAL OLEH KELOMPOK WANITA TANI PUTRI 21 DESA NGAWU KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
14230028, BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN LOKAL OLEH KELOMPOK WANITA TANI PUTRI 21 DESA NGAWU KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
14230028, BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang sangat komplek di Indonesia. Dengan permasalahan tersebut terjadi kesenjangan sosial dan pengangguran dimana-mana dari mulai di pedesaan hingga perkotaan. Permasalahan yang terjadi di Indonesia tersebut mendorong penulis untuk meneliti sebuah swadaya masyarakat yaitu kelompok wanita tani putri 21. Kelompok ini mampu memproduksi berbagai macam bentuk dan olahan dari hasil pertanian lokal di wilayah Gunungkidul. Dalam penelitian ini dirumuskan dua pertanyaan penelitian, Pertaman, bagaimana upaya yang dilakukan oleh kelompok wanita tani putri 21 dalam meningkatkan ekonomi anggotanya kedua,bagaimana hasil yang dicapai oleh kelompok wanita tani putri 21 dalam peningkatan ekonomi anggotanya. Serta untuk mendukung penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk membantu pengumpulan data data maka peneliti menggunakanbeberapa metode dasarnya, metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik slamping . Untuk penelitian ini hasil yang didapat di lapangan menunjukan terdapat lima pengembangan masyarakat yaitu pertama, membuka akses sumberdaya setempat dengan pemanfaatan hasil pertanian lokal. Kedua, membangun kerjasama dengan pihak pemerintah. Ketiga, pelatihan pengolahan hasil pertanian. Keempat, permodalan yang mampu membantu anggota kelompok untuk mengembangkan industrinya. Kelima, pendampingan yang dilakukan dari berbagai instansi yang mampu mengarahkan dan membimbing kelompok supaya lebih maju. Untuk hasil dari pengembangan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh kelompok wanita tani putri 21 yaitu dengan adanya kelompok wanita tani putri 21 mampu menyerap tenaga kerja untuk masyarakat sekitar. Kelompok ini juga mampu peningkatan penghasilan masyarakat dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru serta dapat mengembangkan keberlanjutan usaha untuk masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Fajrul Munawir, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Pengolahan Hasil Pertanian, kelompok wanita tani putri 21.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:53
Last Modified: 13 Feb 2019 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33126

Actions (login required)

View Item View Item