NADZAM SEBAGAI MEDIA MELATIH DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH (KITAB AQIDATUL AWWAM )

Muhammad Fatchul Aziz, NIM. 11411027 (2018) NADZAM SEBAGAI MEDIA MELATIH DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH (KITAB AQIDATUL AWWAM ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NADZAM SEBAGAI MEDIA MELATIH DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH (KITAB AQIDATUL AWWAM ))
11411027_BAB I_ BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (NADZAM SEBAGAI MEDIA MELATIH DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH (KITAB AQIDATUL AWWAM ))
11411027_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari nadzam sebagai media lama yang kurang diimplementasikan dan diperhatikan di lembaga pendidikan formal, terlihat dari pengamatan penulis saat KKN di SMK Muhammadiyah 2 Playen, hasil wawancara menunjukkan bahwa peserta didik kurang memahami materi Aqidah dan kurang hafal materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan hasil wawancara di MA Ali Maksum Krapyak, santri lebih memahami hafalan materi Aqidah Kitab Aqidatul Awwan dan melantunkan bait-bait materi dengan lancar. Dengan demikian, menjadi pertimbangan bagi guru, khususnya guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran yang efektif dalam melatih daya ingat peserta didik terhadap materi. Berawal dari masalah tersebut, penulis tertarik meneliti nadzam sebagai media melatih daya ingat peserta didik dalam pembelajaran aqidah (Kitab Aqidatul Awwam) di MA Ali Maksum krapyak. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan peran, faktor pendukung dan penghambat, serta kontribusi nadzam sebagai media melatih daya ingat peserta didik kelas i‟dad MA Ali Maksum dalam pembelajaran aqidah (kitab aqidatul awwam). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Ali Maksum Krapyak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan: peran nadzam sebagai media melatih daya ingat peserta didik dalam pembelajaran aqidah (Kitab Aqidatul Awwam) adalah sebagai sastra (jawa) pesantren, sebagai media pembelajaran, sebagai hiburan bagi peserta didik, dan sebagai media melatih daya ingat peserta didik. Faktor pendukung dan penghambatnya adalah media nadzam menyenangkan bagi peserta didik, guru dapat berinteraksi secara efektif dengan peserta didik, melatih daya ingat peserta didik, media hiburan dalam belajar peserta didik, dan mempermudah peserta didik memahami materi. Adapun faktor penghambatnya adalah membutuhkan waktu yang lama, nadzam sebagai media yang terabaikan, nadzam tidak dapat diterapkan kesemua pembelajaran, pemahaman guru sangat diutamakan, nadzam lebih menekankan hafalan. Kontribusinya adalah meningkatkan minat dan semangat peserta didik dalam belajar, kemudahan menghafal, suasana menyenangkan, pembelajaran simple, mudah dipraktikkan, mempermudah dan menghilangkan rasa jenuh guru, sebagai hiburan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Sangkot Sirait, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Awwam Media Nadzam, Daya Ingat, Kitab Aqidatul
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:04
Last Modified: 13 Feb 2019 03:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33127

Actions (login required)

View Item View Item