PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN WANITA RAWAN SOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA

ANOM SAPUTRA, NIM. 14230030 (2018) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN WANITA RAWAN SOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN WANITA RAWAN SOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA)
14230030_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN WANITA RAWAN SOSIAL DI BALAI PERLINDUNGAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA)
14230030_BAB II_BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah peran dan hasil dari pekerja sosial dalam melakukan pemberdayaan terhadap wanita rawan sosial. Tujuannya adalah untuk mengkaji mengenai peran pekerja sosial serta hasil dari pekerja sosial dalam melakukan pemberdayaan terhadap wanita rawan sosial. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive (berdasarkan kriteria). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Proses penelitian dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa peran yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam pemberdayaan wanita rawan sosial di Balai Perlindungan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta terdapat enam peran yakni sebagai konselor, fasilitator, broker, mediator, pembela, pendidik. Sedangkan penelitian ini menemukan bahwa hasil dari peran yang dilakukan oleh pekerja sosial adalah memberikan akses berupa lembaga pelayanan sosial, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan klien, memenuhi kebutuhan klien serta memulihkan mental klien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Aminah S.Sos.I.M.Si
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial, Peran dan Hasil, Wanita Rawan Sosial.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:10
Last Modified: 13 Feb 2019 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33128

Actions (login required)

View Item View Item