REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN MENURUT E. MULYASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Riza Alfarid, NIM. 12410059 (2018) REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN MENURUT E. MULYASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN MENURUT E. MULYASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN MENURUT E. MULYASA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya penurunan moral dikalangan pelajar, seperti akhlak, sopan-santun, toleransi, tanggung jawab, kreatifitas, kedisiplinan dan lain-lain. Hal ini disebabkan beberapa faktor salah satunya rendahnya akhlak guru sebagai teladan disekolah serta kurang profesionalnya seorang guru di kelas. Sebagian guru tidak memenuhi kualifikasi profesional, yang melakukan tugasnya hanya sebagai ritual dan sebagai rutinitas bahkan secara asal-asalan, mengajar tidak sesuai dengan bidangnya, tidak menguasai materi, kurang kreatif, belum optimal memanfaatkan teknologi, menggunakan metode-metode lama dalam pembelajaran, kurang inovatif dan malas mencoba metode pembelajaran yang lebih efektif juga menyenangkan. Sehingga pembelajaran dikelas menjadi membosankan, dan apa yang disampaikan guru tidak terserap dengan baik oleh siswa, pada akhirnya potensi peserta didik tidak tergali serta mental peserta didik tidak terbentuk. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana gagasan revolusi mental dalam pendidikan oleh E. Mulyasa serta implikasinya terhadap peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan buku Revolusi Mental dalam Pendidikan sebagai sumber primer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (countent analysis). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Revolusi mental dalam pendidikan adalah perbaikan mutu pendidikan khususnya dengan merubah mental guru yang memiliki komitmen juga kepribadian yang bisa diteladani, meningkatkan kinerja juga kedisiplinan, peningkatan kualitas dan kompetensinya dalam mengajar, pemanfaatan tenologi serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. (2) Implikasinya terhadap guru PAI adalah memperkuat komitmen guru, membangun pribadi guru, menciptakan budaya kerja khususnya kedisiplinan, guru PAI harus bisa memanfaatkan teknologi, membangun kreatifitas dan pembelajaran yang menyenangkan, berusaha mencapai kualifikasi dan meningkatkan kompetensi, dan terus mengembangkan keprofesionalan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suwadi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Revolusi Mental, E. Mulyasa, Profesionalisme Guru, PAI.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:18
Last Modified: 13 Feb 2019 03:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33129

Actions (login required)

View Item View Item