HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL

Risky Cahya Pratama, NIM. 12410171 (2018) HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL)
12410171_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTUL)
12410171_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak peserta didik yang mempunyai kecerdasan yang tinggi, dan mereka mempunyai prestasi yang baik dalam bidang akademik, khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Akan tetapi perilaku yang mereka lakukan belum mencermikan kecerdasan dan prestasi mereka. Seharusnya peserta didik yang sudah berilmu, akan mengamalkan ilmunya menjadi perilaku, sehingga ada keseimbangan antara ilmu/hasil belajar dengan perilaku peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perilaku keagamaan peserta didik kelas XI di SMA N 1 Imogiri (2) untuk mengetahui untuk mengetahui hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA N 1 Imogiri (3) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar PAI dengan perilaku keagamaan peserta didik kelas XI di SMA N 1 Imogiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Imogiri. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perilaku keagamaan peserta didik adalah dengan skala perilaku keagamaan. Teknik analisis data untuk mengetahui hasil belajar PAI menggunakan statistik deskriptif, untuk mengetahui perilaku keagamaan peserta didik menggunakan statistik deskriptif,dan untuk mengetahui hubungan hasil belajar PAI dengan perilaku keagamaan peserta didik menggunakan statistik korelasi bivariat dengan menggunakan metode product moment correlation. Hasil penelitian ini adalah (1) Perilaku keagamaan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri berada pada posisi cukup baik dengan perolehan skor sebanyak 44,2 %, (2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri berada pada posisi cukup tinggi dengan perolehan skor sebanyak 42,0 %, dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan perilaku keagamaan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri. (rs = 0,446. p= 0.000, p<0.01). Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa varians perilaku keagamaan dapat dijelaskan oleh hasil belajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:31
Last Modified: 13 Feb 2019 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum