PERAN MGMP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KARANGANYAR

MUHAMAD ROBBANI, NIM. 1420411136 (2018) PERAN MGMP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KARANGANYAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (PERAN MGMP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KARANGANYAR)
1420411136 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (PERAN MGMP DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN KARANGANYAR)
1420411136 BAB. II, III , IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta, 2018. MGMP merupakan wadah yang tepat untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Arab di tingkat kabupaten.Pengembangan pembelajaran bahasa Arab tersebut dapat dilakukan dengan pengembangan kurikulum terlebih dahulu.Pengembangan kurikulum bahasa Arab dapat dipengaruhi dari beberapa hal di antaranya kompetensi guru sebagai subjek pengembang, fasilitas pembelajaran di sekolah, dan karakteristik siswa yang berbeda-beda di sekolah. Maka dari itu, apa saja peran MGMP dalam rangka pengembangan kurikulum bahasa Arab di tingkat Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran MGMP dalam pengembangan kurikulum bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengembangan kurikulum bahasa Arab oleh MGMP bahasa Arab Kabupaten Karanganyar meliputi dua kategori, yaitu Implementasi kurikulum dan proses pengembangan. Pelaksanaan kurikulum bahasa Arab terdiri dari beberapa unsur penting yaitu guru dan peserta didik, tujuan pembelajaran bahasa Arab, materi dan bahan ajar bahasa Arab, metode pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Adapun proses pengembanagan kurikulum bahasa Arab oleh MGMP Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Karanganyar terdapat 3 tahapan yaitu, perencanaan kurikulum bahasa Arab, implementasi kurikulum bahasa Arab, evaluasi pengembangan kurikulum bahasa Arab. (2) Peran MGMP bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Karanganyar dalam pengembangan kurikulum bahasa Arab adalah sebagai Reformator dalam classroom reform, terutama dalam reorientasi pembelajaran efektif, Mediator dalam pengembangan dan peningkatan kompetensi guru, terutama dalam pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi, Supporting agency dalam inovasi manajemen kelas dan manajemen sekolah, dan Evaluator, developer school reform dalam konteks MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah). (3) Kendala-kendala yang muncul dalam pengembangan kurikulum bahasa Arab di tingkat MTs Kabupaten Karanganyar adalah kurangnya pemahaman guru dalam proses pelaksanaan kurikulum dan pengembangan kurikulum di sekolah masing-masing, masih kurangnya intensitas perhatian MGMP bahasa Arab Karangnyar pada pengembangan kompetensi guru baik pedagogik maupun profesional, fasilitas pembelajaran yang belum memadai dalam pembelajaran bahasa Arab, kurangnya kompetensi peserta didik dalam membaca tulisan Arab, pembuatan perangkat pembelajaran yang dilakukan serentak menjadikan proses pembelajaran dalam RPP menjadi sama, padahal setiap sekolah mempunyai media dan fasilitas berbeda, dan motivasi dan semangat para guru dalam upaya mengembangkan bahasa Arab di tingkat Kabupaten Karanganyar masih tergolong rendah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Peran MGMP, Pengembangan Kurikulum, Bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:42
Last Modified: 13 Feb 2019 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum