PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN BAHTSUL MASAIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

Anwar Khoironi Abdul Wahab, NIM. 13410130 (2018) PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN BAHTSUL MASAIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN BAHTSUL MASAIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
13410130_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KEGIATAN BAHTSUL MASAIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FIQIH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
13410130_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tentang pengaruh kegiatan bahtsul masail terhadap motivasi belajar fiqih santri di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah. Hal ini di landasi dari sebagain besar santri hampir semua mempunyai laptop,memiliki smartphone yang membuat semangat belajar menurun.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegitan bahtsul masail, mengetahui tingkat motivasi belajar dan mengetahui pengaruh kegiatan bahtsul masail terhadap motivasi belajar fiqih di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji Prasayarat mengunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan teknikanalisis data yang digunakan yaitu uji t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan kegiatan Bahtsul Masail di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pendahulun terdiri atas Pembuka oleh moderator dan pembacaan materi. Kegiatan inti meliputi Tanya-Jawab dan proses diskusi, sedangkan penutup meliputi penarikan kesimpulan oleh pembimbing. Kegiatan Bahtsul Masail yang ada di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah diselengarakan setiap 2 minggu sekali. Dilaksanakan pada hari Sabtu Pukul 23.00. (2) Tingkat motivasi belajar fiqih santri di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta berada dalam kategori tinggi dengan persentase91,3. Adapun tingkat motivasi belajar fiqih yang mengikuti lebih tinggi daripada yang tidak mengikuti. Rata rata yang mengikuti adalah 118,533 sedangkan yang tidak mengikuti yaitu 100.400. (3) Hasil dari uji analisisdata yaitu: Ada pengaruh antara keikutsertaan dalam kegiatan bahtsul masail terhadap motivasi belajar fiqih santridi Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai t = 7.069, p = 0.000. p < 0.05 Yang mana angka tersebut menunjukan adanya perbedaan. Kemudian yang mengikuti mempunyai niai mean yang lebih besar (Mean Ikut =118,53 > Mean tidak Ikut = 100,40) Sehingga terdapat pengaruh antara santri yang mengikuti kegitan bahtsul masail. Dikethui (r = 0,680) menunjukkan kuatnya pengaruh keikutsertaan kegiatan bahtsulmasail terhadap motivasi belajar fiqih santri di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyaakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Bahtsul Masail, Motivasi Belajar. Fiqih
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 13:43
Last Modified: 13 Feb 2019 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum