PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN BAHAN AJAR KE –NU-AN DI MAJILIS PEMBINA MADRASAH DINIYAH RMI PCNU KABUPATEN CILACAP

Maful, NIM 1420411175 (2018) PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN BAHAN AJAR KE –NU-AN DI MAJILIS PEMBINA MADRASAH DINIYAH RMI PCNU KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN BAHAN AJAR KE –NU-AN DI MAJILIS PEMBINA MADRASAH DINIYAH RMI PCNU KABUPATEN CILACAP)
1420411175_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN BAHAN AJAR KE –NU-AN DI MAJILIS PEMBINA MADRASAH DINIYAH RMI PCNU KABUPATEN CILACAP)
1420411175_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nama Maful NIM 1420411175 Pengembangan Kurikulum Dan Bahan Ajar Ke-Nu-An Di Majlis Pembina Madrasah Diniyah RMI PCNU Kabupaten Cilacap. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasatjana FTIK Konsetrasi Pendidikan Islam Prodi PAl LJ IN Sunan Kalijaga , 2018. Dalam rangka menyongsong pendidikan yang bennrutabat maka diperlukan usaha dalam pendidikan yang bersifat produktif maka diper]ukan Langkah pembelajaran yang penuh dengan inovasi dan pembah aruan . Pembelajaran bermuara pada kmikulum yang memberikan ruh utama bagi perkembagan pendidikan. tujuan pengembangan kurikulum Ke- NU- an adalah Rcaktualisasi kurikulum Ke - NU - an dengan mcnggunakan pendekatan sejarah, akidah dan amaliah sebagai dasar memahami konsep Is lam Indonesia yang fleksibel dan terpadu antara Islam dan budaya ,Mengembangakan kurikulum dalam bentuk silabus menjadi bahan ajar untuk guru, scbagai acuan dan pedoman dalam pelaksanaan program pembelajaran secara hirarki,Penelitian ini juga ditunjukan untuk bahan uji coba atau prototype untuk mengawali penerapan kurikulum Ke ­ NU - an pada lembaga pendidikan madrasah Diniyah non rom1al dibawah naungan NU sebagai salah satu trasfonnasi nilai dan budaya fslam 'ala Ahlusunah wal Jama 'ah , Scbagai salah satu pengembangan dalam pen elitian ini diharapkan kurikulum Ke - NU - an yang ditcrapk an dapat dipertanggungjawabkan secm·a i lmiah, sehingga setelah diterapkan dapat ditcrima oleh sem ua stakehholde rs. Penelitian ini cligunakan pendckatan Reseach dan Development untuk mengukur dan mcngcmbangkan kurikulum dan bahan pembelajaran atau bahan ajar dengan tahap - tahap yang meliputi : 1) Penemuan poten si masalah , 2) Pengumpulan infotmasi, 3) desain produk , 4) Validasi desain, 5) revi si desain, 6) Uji coba produk , 7) revisi produk , 8) Uji coba pemakaian, 9) rcvisi produk, 11) produk masal. Subjek uji coba ini adalah santri dan sakholders pendidikan khusuusnya dilembaga pendidikan NU khususnya di Madrasah Diniyah dibawah naugan Majeli s Pembina TPQ Maclin di RMJ kabupa t en Ci lacap. Penel itian ini menghasilkan pengembangan kurikulum yang _ d iawali analisis problem masalah yang m eliputi rnasalah bahan ajar yang belum standar, silabus yang belum sinkron dengan kontcn materi dan dcngan pengembagan standar kompetensi dan kompetensi dasar serta tujuan dan alokasi wak tu pembel ajaran. maka Pengembangan ini perlu dilakukan untuk mempcroleh hasil yang maksimal yang diupayakan sebagai efektifitas dan efisiensi pembelajaran yang menambah nilai guna bagi pembclajaran. dengan pendekatan R & D. hasil pengembangan Kurikulum dru1 Bahan ajar sctelah diuji cobakan tlapat diterima dengan hasil rata - rata tingkatan kepuasan mcncapai skala 3,9 atau memuaskan dan dan dapat diterima untuk digunakan sebaga i bahan ajar. Bahan ajar diberi ju dul" Sejarah, Budaya dan Amal iyah NU".

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwadi. M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Ke-NU-an, Bahan Ajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2019 14:12
Last Modified: 13 Feb 2019 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum