PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-MAHADUL ISLAMI PROVINSI PATTANI SELATAN THAILAND

MISS AR-ESOH JEHMAH, NIM. 13410244 (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-MAHADUL ISLAMI PROVINSI PATTANI SELATAN THAILAND. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-MAHADUL ISLAMI PROVINSI PATTANI SELATAN THAILAND)
13410244_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AL-MAHADUL ISLAMI PROVINSI PATTANI SELATAN THAILAND)
13410244_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum dapat dipahami sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan, pemahaman dan pengamalan siswa tentang agama Islam sehingga menjadi pribadi muslim yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu penulis termotivasi untuk malakukan penelitian terhadap pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di bawah pemerintahnya non-Islam yaitu di Patani bagian selatan Thailand. Adapun penelitian ini dilakukan di Ma’had Al- Mahadu Islami provinsi Pattani Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui tujuan Pendidikan Agama Islam di Ma’had Al-Mahadu Islami. Kedua mengetahui materi Pendidikan Agama Islam di Ma’had Al-Mahadu Islami. Ketiga mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Pendidikan Agama Islama di Ma’had Al-Mahadul Islami. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama Tujuan pendidikan agama Islam di Ma’had Al-Mahadul Islami adalah membentuk pribadi-pribadi yang intektual beriman mengamal nilai-nilai agama Islam dengan landasan akidah yang kuat, berakhlak mulia serta terampilan. Kedua Materi pembelajaran di Ma’had Al-Mahadul Islami ada sebagai berikut: materi Akidah, Syariah, Muamalat, Akhlak, Al-Qur’an, Hadish, Bahasa Arab, Bahasa Melayu, Bahasa inggris, Tauhid (keimanan), Fiqih, tafsir, Sejarah Islam, ilmu Faraid, Mustholah Hadits, ibadah, ilmu Nawu dan Soraf, balaghoh, ilmu Mantek, sehingga materi tersebut mampu membentuk religiusitas siswa, agar mengakar kuat dan mempunyai pengaruh sepanjang idupnya.Kedtiga Ada beberapa metode yang dilakukan oleh para guru dalam melakukan proses belajar mengajar di antaranya adalah: metode ceramah, metode Tanya jawab, metode hafalan, metode diskusi, metode pemberian tugas belajar, metode kisah, metode latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), pattani
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 15:46
Last Modified: 13 Feb 2019 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum