PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA SD BANMAONG SADAO SONGKHLA THAILAND SELATAN

MR. UMAR AIDNAY, NIM. 13410246 (2018) PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA SD BANMAONG SADAO SONGKHLA THAILAND SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA SD BANMAONG SADAO SONGKHLA THAILAND SELATAN)
13412046_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA TERHADAP SISWA SD BANMAONG SADAO SONGKHLA THAILAND SELATAN)
13410246 BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah SD Banmaong Sadao Songkhla Thailand Selatan idealnya mampu membina sikap toleransi terhadap siswa. Hidup bertoleransi menjadi modal dasar bagi siswa untuk sukses di dunia dan akhirat. Pembinaan sikap toleransi sangat diperlukan oleh setiap orang dengan tujuan saling menghormati dan menghargai akan adanya perbedaan keberagaman agama, budaya dan konflik di beberapa wilayah yang masih ada di negara Thailand. Namun, sikap toleransi antar umat beragama dapat dikendali dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat dan benar. Oleh karena itu, diperlukan pengenalan sejak dini akan pentingnya saling menghormati dan menghargai perbedaan agama yang menjadi landasan dalam hidup di dunia ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam membina sikap toleransi terhadap siswa SD Banmaong Sadao Songkhla Thailand Selatan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina sikap toleransi terhadap siswa, dukungan dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan di SD Banmaong Sadao Songkhla Thailand Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research dengan pendekatan mikro etnografi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, dengan langkah-langkah: reduksi data, display data, pengambilan keputusan, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sikap toleransi antar siswa SD Banmaong Sadao Songkhla Thailand Selatan membagi menjadi emat hal a) dalam hal berinteraksi antar siswa b) dalam hal rasa persaudaraan c) dalam hal rasa kepedulian d) dalam hal bekerja sama (2) Peran Guru PAI dalam membina sikap toleransi siswa SD Banmaong Sadao Songkhla Thailand Selatan melalui dua kegiatan a) melalui kegiatan pembelajaran b) melalui kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Sikap Toleransi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:02
Last Modified: 14 Feb 2019 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum