PENGORGANISASIAN KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT(KSM) SALAKAN BERSEMI DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT MAYUNGAN: STUDI DI DUSUN SALAKAN, POTORONO, BANTUL

LAILY NOVIKA NURDIANI, NIM. 14230035 (2018) PENGORGANISASIAN KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT(KSM) SALAKAN BERSEMI DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT MAYUNGAN: STUDI DI DUSUN SALAKAN, POTORONO, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGORGANISASIAN KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT(KSM) SALAKAN BERSEMI DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT MAYUNGAN: STUDI DI DUSUN SALAKAN, POTORONO, BANTUL)
14230035_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGORGANISASIAN KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT(KSM) SALAKAN BERSEMI DALAM MENINGKATKAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT MAYUNGAN: STUDI DI DUSUN SALAKAN, POTORONO, BANTUL)
14230035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) merupakan sebuah kelompok yang dibentuk dari bentuk keswadayaan masyarakat. KSM berada di tataran dusun atau bisa disebut masyarakat akar rumput.dibentuknya KSM adalah mewujudkan masyarakat yang sadar terhadap kondisi masyarakat Indonesia yang sedang berkembang dimana rata-rata masyarakat dapat dikategorikan sebagai masyarakat menengah kebawah, KSM dibentuk dengan tujuan masyarakat akar rumput ikut secara sadar dan secara swadaya mengikuti dan mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Di KSM Salakan Bersemi program yang dibuat sebagai wadah partisipasi keswadayaan masyarakat Mayungan berbentuk bank sampah dan pengolahan pupuk kompos Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui proses pengorganisasian KSM Salakan Bersemi di dusun Mayungan dan dampaknya terhadap keberdayaan masyarakat Mayungan serta faktor-faktor penghambat dan pendukung dari proses pengorganisasian tersebut. Teknik penarikan informan menggunakan teknik purposive berdasarkan kriteria.Selain itu, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Seluruh data dilihat dari validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memang menunjukkan bahwa proses pengorganisasian KSM Salakan Bersemi masih belum berjalan dengan lancar. Perencanaan , evaluasi, rentang pengawasan dan koordinasi dinilai masih kurang karena terdapat beberapa faktor permasalahan seperti kurangnya koordinasi, tidak enak hati dan takut menegur anggota yang kurang berperan aktif. Selain itu, faktor keswadayaan masyarakat juga menjadi masalah, dimana masyarakat tidak menaruh perhatiannya dalam jumlah banyak dikarenakan di KSM Salakan Bersemi tidak mendapatkan gaji. Namun, ada salah satu faktor yang cukup mendukung KSM Salakan Bersemi menjadi cukup maju seperti sekarang.Yakni faktor jaringan. KSM Salakan Bersemi banyak berjejaring dengan lembaga yang sejenis dan dengan lembaga pemerintahan. Sehingga mudah mendapatkan bantuan dan informasi dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S. Sos, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian. Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Keberdayaan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:11
Last Modified: 14 Feb 2019 02:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33152

Actions (login required)

View Item View Item