PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH GENDONG (ANALISIS GENDER TERHADAP PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA)

ANNISA AYU LATIFAH, NIM. 14230055 (2018) PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH GENDONG (ANALISIS GENDER TERHADAP PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH GENDONG (ANALISIS GENDER TERHADAP PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA))
14230055_BAB -I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH GENDONG (ANALISIS GENDER TERHADAP PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA))
14230055_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Perempuan buruh gendong merupakan perempuan paruh baya sampai lanjut usia yang bekerja sebagai buruh angkut di Pasar Beringharjo Yogyakarta sebagai upaya memenuhi kebutuhan ekonomi dan sosial dalam keluarga. Sebagai perempuan, para perempuan buruh gendong tidak hanya bekerja untuk mencari nafkah tapi juga membagi waktu dengan perannya sebagai istri dan ibu rumah tangga.Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang peran ganda yang dijalani perempuan buruh gendong serta kontribusinya dalam kesejahteraan keluarga. Metode Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik penarikan informan menggunakan teknik sampling berdasarkan kriteria. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para perempuan buruh gendong mampu menjalani peran ganda sebagai istri dan ibu rumah tangga sekaligus sebagai tulang punggung keluarga. Tanpa memandang perbedaan gender yang telah tertanam dalam konsep sosial masyarakat. Kontribusi yang diberikan oleh para perempuan buruh gendong terhadap kesejahteraan keluarga sangatlah besar. Pemenuhan kebutuhan pokok dalam keluarga mampu dipenuhi dengan baik oleh para perempuan buruh gendong dengan bantuan dan pembagian peran dengan suami maupun tidak. Selain memenuhi kebutuhan pokok dalam keluarga, kegiatan bekerja sebagai buruh gendong di Pasar Beringharjo juga memenuhi kebutuhan internal terkait rekreasi dan bersosialisasi dalam diri para perempuan buruh gendong itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gender, Buruh Perempuan, Kesejahteraan.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:30
Last Modified: 14 Feb 2019 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33155

Actions (login required)

View Item View Item