PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN MIN II YOGYAKARTA (ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK)

YASSINTA NOOR NAFI’AH, NIM. 1420420014 (2018) PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN MIN II YOGYAKARTA (ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN MIN II YOGYAKARTA (ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK))
1420420014_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI DIGITAL PENGOLAHAN NILAI KURIKULUM 2013 DI MIN MALANG 1 DAN MIN II YOGYAKARTA (ANALISA EVALUATIF BERDASARKAN KONSEP PENILAIAN AUTENTIK))
1420420014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MIN Malang 1 dan MIN II Yogyakarta merupakan madrasah unggulan yang terdapat di dua daerah yang berbeda yang menerapkan kurikulum 2013 pada tahun 2014 dan sama-sama menggunakan aplikasi digital pengolah nilai yang berformat Microsoft Excel. Penelitian ini disusun untuk melihat penggunaan dan pengembangan aplikasi digital di kedua madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas, waka kurikulum, dan bagian pengolah nilai. Data dikumpulkan degan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan data reduction, data display, dan conclusion verification. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan dalam penggunaan dan pengembangan aplikasi pengolahan nilai di kedua madrasah, antara lain: (1) Aplikasi di MIN Malang 1 dikembangkan secara mandiri oleh madrasah, sedangkan di MIN II Yogyakarta diperoleh dari Kemenag setempat; (2) Aplikasi yang digunakan di MIN Malang 1 dikembangkan oleh tim khusus pengolah nilai yang kompeten dalam IT, sedangkan di MIN II Yogyakarta disusun oleh pihak Kanwil; (3) Aplikasi di MIN Malang 1 lebih banyak digunakan oleh tim pengolah nilai, sedangkan di MIN II Yogyakarta guru bertanggung jawab dalam keseluruhan proses penilaian; (4) Aplikasi yang digunakan di MIN Malang 1 hanya dapat digunakan oleh pihak internal sekolah, sedangkan di MIN II Yogyakarta aplikasi boleh diberikan untuk pihak luar. Persamaannya antara lain, (1) Kedua aplikasi disusun dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel; (2) Kedua aplikasi mengacu pada Permendikbud no.53 tahun 2015, (3) Aspek yang dinilai secara garis besar adalah sama; (4) Kedua aplikasi digunakan untuk mengolah nilai sampai pada nilai raport; (5) Kedua aplikasi bermanfaat dan efektif digunakan bagi guru untuk mempermudah proses penilaian. Penyebab perbedaan penggunaan dan pengembangan aplikasi antara lain: (1) Letak geografis kedua madrasah; (2) Sumber aplikasi diperoleh; (3) Sumber daya manusia di kedua madrasah; (4) Perbedaan beban tugas guru di kedua madrasah. Kelebihan aplikasi tersebut adalah, (1) Efektif dan memudahkan para guru dalam mengolah nilai; (2) Memanfaatkan waktu dengan efisien; (3) Sarana para guru untuk meng-upgrade ilmu, khususnya dalam bidang IT, sedangkan kekurangannya adalah, (1) Jumlah komponen banyak sehingga membuat guru kesulitan dalam mengoperasikan, (2) Membuat guru harus pandai mengatur waktu karena banyaknya penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Rahman Assegaf, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Aplikasi, Kurikulum 2013, Penilaian Autentik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:38
Last Modified: 14 Feb 2019 02:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33156

Actions (login required)

View Item View Item