PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK DI MI DAWUNG TEGALREJO MAGELANG

RIZKA AYU FADHILLAH, NIM. 1420421012 (2018) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK DI MI DAWUNG TEGALREJO MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK DI MI DAWUNG TEGALREJO MAGELANG)
1420421012_BAB-1_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK DI MI DAWUNG TEGALREJO MAGELANG)
1420421012_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

Tesis ini merupakan kajian terhadap peran guru dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak agar tertanam nilai keimanan, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui peran guru dan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak di MI Dawung Tegalrejo Magelang. Kedua, mengetahuai bentuk nilai-nilai agama pada anak di MI Dawung Tegalrejo Magelang. Ketiga, Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak di MI Dawung Tegalrejo Magelang. Keempat,mendeskripsikan hasil dari penanaman nilai-nilai agama pada anak di MI Dawung Tegalrejo Magelang. Penelitian ini berorientasi pada penelitian lapangan (field research). Berupa penelitian yang bersifat deskriptif non statistic sebagai upaya untuk menggambarkan gejala, peristiwa atau kejadian yang aktual pada objek. Peran guru dalam penanaman nilai keagamaan nampak sebagai peran pendidik, fasilitator, informator, mediator, motivator, teladan dan evaluator. Sementara peran orang tua dalam penanaman nilai keagamaan nampak pada peran orang tua sebagi guru dan madrasah pertama, orang tua sebagai pendidik dan orang tua sebagai teladan. Nilai-nilai yang ditanamkan di MI Dawung Tegalrejo Magelang; akhlak dengan sesama manusia, akhlak dengan Sang Khalik, kedisiplinan dan tanggungjawab, kebersamaan dalam kebaikan, peduli sesama dan peduli lingkungan. Faktor pendukung penanaman nilai keagamaan; lingkungan yang religius, pendidik memiliki latar belakang akademik yang mendukung, fasilitas ibadah yang mendukung, teladan guru dan orang tua, keikhlasan doa guru dan orang tau. Faktor penghambat; kurangnya fasilitas penunjang buku dan alat peraga, perpustakaan yang kurang memadai, serta ketidak mampuan mengimbangi kemajuan teknologi. Metode penanaman nilai-nilai agama di madrasah lebih cenderung menggunakan metode keteladanan, pembiasaan dan hukuman (funishment) dan metode yang digunakan orang tua di rumah lebih cenderung memakai metode keteladanan dan hadiah atau reward. Implikasi dari penanaman nilai keagamaan nampak pada sikap dan kebiasaan peserta didik lebih rajin dan teratur dalam melaksanakan ibadah keseharian, bahkan sebagian keluarga merasa terbantu karena orang tua terkadang belajar doa-doa tertentu kepada anaknya. Implikasi yang lain adalah anak lebih memahami dan taat bahkan membantu pekerjaan orang tua dan menghargai anggota keluarga yang lainnya, serta memiliki potensi yang sangat baik, yaitu mengajak orang lain berbuat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Peran Guru dan Orang Tua, Penanaman Nilai-nilai agama
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:59
Last Modified: 14 Feb 2019 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum