KEPEMIMPINAN KOLEGIAL KEPALA MADRASAH DAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN 1BANTUL YOGYAKARTA

AKHMAD FARID, SPDI, NIM. 1420421017 (2018) KEPEMIMPINAN KOLEGIAL KEPALA MADRASAH DAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN 1BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KOLEGIAL KEPALA MADRASAH DAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN 1BANTUL YOGYAKARTA)
1420421017, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KOLEGIAL KEPALA MADRASAH DAN KOMITE DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN DI MIN 1BANTUL YOGYAKARTA)
1420421017, BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan adalah komitmen kepala madrasah dalam merancang dan mengambil keputusan serta kebij akan untuk melaksanakan program pemberdayaan SDM, kontrol terhadap pelaksanaan program serta dukungan material dan nonmaterial dari komite madrasah. Kepala madrasah dituntut untuk memiliki visi kedepan dan kemampuan menjadi pimpinan sekaligus menjadi manager. Peran dan kontribusi masyarakat untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kepemimpinan kepala madrasah dan komite madrasah secara bersama­ sama dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan serta keberhasilan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul sebagai hasil dari kepemimpinan kolegial kepala madrasah dan komite. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan teori kepemimpinan pendidikan kepala madrasah dan peran serta fungsi komite madrasah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan metode interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman serta untuk memastikan kebenaran data peneliti menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah secara kolektif kolegial dilakukan dengan cara melibatkan para wakil kepala madrasah dan komite dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul. Implementasi dan progresnya adalah : Pertama, menerapkan kepemimpinan kolektif kolegial dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam kebijakannya. Kedua, optimalisasi peran komite dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan dengan cara melakukan 1ugas pokok dan fungsi komite sebagai lembaga pemberi pertimbangan, dukungan, pengontrol dan sebagai mediator. Ketiga, masih adanya hal-hal yang harus diperbaiki menjadi dinamisasi kepala madrasah dan komite sesuai ketugasan masing-masing. Keempat demikian juga keberhasilan di tingkat nasional maupun intemasional yang diperoleh MIN 1 Bantul tidak lepas dari meningkatnya mutu layanan pendidikan yang dipengaruhi kepemimpinan kolegial kepala madrasah, para wakil kepala dan komite MIN 1 Bantul. Oleh karena sinergi kepala madrasah dan komite dan unsur lain berjalan dengan baik maka tahapan-tahapan untuk mendapatkan input yang baik, melaksanakan proses pendidikan yang baik, sehingga didapatkan output pendidikan yang baik dapat berjalan sesuai target bahkan lebih baik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kolegial, mutu layanan pendidikan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:19
Last Modified: 14 Feb 2019 03:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33161

Actions (login required)

View Item View Item