PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI SDN I MANGKUJAYAN PONOROGO

CATUR AMIN RETNOSARI, SPDI, NIM. 1420421022 (2018) PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI SDN I MANGKUJAYAN PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI SDN I MANGKUJAYAN PONOROGO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 DI SDN I MANGKUJAYAN PONOROGO)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya suatu materi diserap oleh siswa. Pemerintah telah berulang kali merombak kurikulum yang ada di Indonesia. Kini Menteri Pendidikan memberikan solusi terhadap problem pendidikan yang ada di Indonesia dengan menghadirkan Kurikulum 2013 (K 13). Sebagai hal baru tentu guru maupun siswa harus beradaptasi dengan kurikulum ini. Bahkan penilaian yang dipakai oleh kurikulum ini yang merupakan penilaian autentik menjadi tantangan tersendiri kepada guru. Penilaian autentik yang menilai siswa secara holistik, mulai dari karakter sampai dengan kognitif siswa harus dengan cermat dinilai oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah SDN I Mangkujayan Ponorogo Jawa Timur. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis visi menurut Milles &Huberman. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1).Pelaksanaan penilaian autentik dilakukan secara rinci dan menyeluruh terkait sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Problem yang dihadapi guru SDN I Mangkujayan Ponorogo berupa penilaian yang harus rinci, pembuatan RPP, dan kurangnya alokasi waktu. Solusi yang diberikan dengan cara mengikuti diklat, maupun seminar serta sharing dan melakukan kreatifitas dalam pembelajaran. 2). Teknik penilaian yang digunakan di SDN I Mangkujayan Ponorogo antara lain teknik penilaian diri, teknik penilaian tulis, teknik penilaian lisan, teknik penilian kinerja dan teknik penilaian proyek. 3). Bentuk task/ penugasan yang digunakan di SDN I Mangkujayan Ponorogo Jawa Timur adalah tes pilihan ganda, uraian, dan praktik lapangan. Rubrik yang digunakan beruparentanganangka dan huruf. Angka-angka dan huruf-huruf tersebut menjadi tolakukur ketercapaian indikator yang telah ditetapkan 4). Pelaporan hasil penilaian di SDN I Mangkujayan Ponorogo berupa rapor yang diterima siswa setiap akhir semester. Rapor tersebut berisi pencapaian pengetahuan, sikap, maupun ketrampilan siswa yang dijelaskan secara rinci oleh guru dengan uraian dan juga pencapaian berupa angka dan huruf. Kemahiran siswa dalam bidang A, B, C, maupun D dituangkan dalam rapor yang berbentuk lembaran-lembaran tersebut

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Siti Fathonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru, Kurikulum 2013, Penilaian Autentik Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:31
Last Modified: 14 Feb 2019 03:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33162

Actions (login required)

View Item View Item